Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Melihat Riwayat Chat WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi Apapun

Riwayat chat yang hilang memang akan sangat merepotkan pemiliknya, terlebih lagi apabila ada data atau chat yang penting di dalam WhatsApp. Akan tetapi, pemilik smartphone kini tidak perlu khawatir sebab ada beberapa cara melihat riwayat chat WA yang sudah dihapus tanpa aplikasi paling sederhana.

cara melihat riwayat chat wa yang sudah dihapus tanpa aplikasi

WhatsApp memang menjadi aplikasi chatting yang paling banyak digunakan karena penyimpanannya yang ramah dan penggunaannya yang mudah. Para orang tua hingga anak muda bahkan dapat menggunakannya dengan mudah tanpa perlu melakukan adaptasi lebih lama. Nah pembahasan selanjutnya akan disampaikan cara melihat riwayat chat di WhatsApp yang sudah dihapus tanpa aplikasi sebagai berikut:

Restore Riwayat Chat WhatsApp dengan Mengunduh Ulang Aplikasi WA

Sebenarnya ada cara lain yang dapat pengguna lakukan sebagai cara melihat kembali chat WA yang sudah dihapus tanpa aplikasi untuk dilakukan. Pilihan pertama adalah melakukan pencadangan pesan dengan email yang aktif karena membutuhkan Google Drive. Tidak perlu berpikir lebih lama lagi dan langsung simak saja cara mengembalikan chat melalui cadangan pesan berikut ini:

1. Menghapus Aplikasi WhatsApp

Pertama pengguna harus menghapus aplikasi WhatsApp terlebih dahulu, agar muncul pilihan untuk dapat mengembalikan history chat yang terhapus tidak sengaja. Tekan icon WhatsApp selama kurang lebih 2 detik untuk kemudian pilih uninstall. Cara lain, pengguna dapat menekan uninstall di Play Store ketika mencari WhatsApp di dalamnya.

2. Mengunduh Ulang Aplikasi WhatsApp

Langkah kedua adalah mengunduh kembali aplikasi WhatsApp yang telah dihapus sebelumnya dan masukkan kembali nomor yang sama seperti sebelumnya. Akan muncul beberapa pilihan yang salah satunya menanyakan izin restore chat sebelumnya. Ketika terdapat notifikasi tersebut, maka pengguna harus menyetujuinya dengan menekan yes dan tunggu beberapa saat karena memang membutuhkan waktu.

Baca JugaCara Memperbaiki Google Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka

Fitur Back Up Pada Aplikasi WhatsApp Melalui Google Drive

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan fitur back up pada WhatsApp, mungkin tidak jauh berbeda dengan pencadangan yang dijelaskan sebelumnya. Pengguna juga dapat memilih cara ini atau penjelasan langkah sebelumnya yang sesuai dengan pengguna. Berikut adalah tahap yang harus dilakukan untuk mengaktifkan fitur back up agar dapat mengembalikan riwayat chat yang terhapus.

1. Kunjungi Menu Pengaturan

Satu syarat untuk menggunakan cara ini yaitu pengguna harus mengatur backup pada WhatsApp sesuai jadwal yang diinginkan sehingga tidak perlu khawatir chat terhapus. Ketika pengguna belum melakukannya, maka lakukan dahulu dengan mengunjungi menu pengaturan. Lalu pilih menu chats dan scroll ke bawah hingga menemukan chat backup dengan simbol awan.

2. Melakukan Back Up

Klik back up dan pengguna akan menemukan berbagai pengaturan yang dibuat untuk mengembalikan chat yang terhapus. Sesuaikan akun Google yang terhubung di dalamnya dan pastikan bahwa akun tersebut aktif serta dapat diakses. Pilih pengaturan jaringan, back up video atau tidak, jadwal back up yang diinginkan, dan klik back up jika pengguna ingin mengaktifkan cara ini.

3. Mengecek Google Drive

Nah, cara melihat riwayat chat WA  yang sudah dihapus tanpa aplikasi menggunakan fitur back up ini diakhiri dengan melihat akun Google Drive. Ketika belum ada hasil folder backup maka pengguna dapat menunggunya hingga jadwal yang diatur tercapai.

Itu adalah beberapa cara melihat riwayat chat WA yang sudah dihapus tanpa aplikasi yang dapat pengguna pilih salah satu. Tahap atau langkah yang diperlukan juga jelas tertulis pada penjelasan tersebut. Ditambah pengguna tidak perlu lagi menghabiskan kuota untuk mengunduh aplikasi tambahan agar riwayat chat dapat kembali, selamat mencoba dan semoga berhasil melihat riwayat chat WhatsApp.

Posting Komentar untuk "2 Cara Melihat Riwayat Chat WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi Apapun"