Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka, Mudah

Memperbarui dan memasang ulang aplikasi memang mudah untuk dilakukan karena ada Play Store bagi pengguna Android. Bahkan jika aplikasi tidak mau terbuka, pengguna dapat langsung menghapusnya kemudian menginstal ulang. Akan tetapi, apakah sebenarnya ada cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka dan sering disangka rusak?

cara memperbaiki google play store yang tidak bisa dibuka

Pemilik Android yang tidak asing lagi dengan kehadiran Play Store sebagai tempat unduhan aplikasi memang mendapatkannya dari bawaan pabrik. Hal ini tentunya sedikit agak menyulitkan ketika Play Store tidak bekerja atau tidak bisa dibuka. Nah langkah kali ini akan dijelaskan mengenai cara memperbaiki akun Google Play Store yang tidak bisa dibuka dalam penjelasan sebagai berikut:

1. Menonaktifkan Beberapa Aplikasi yang Mengganggu

Biasanya aplikasi tidak dapat berjalan disebabkan oleh ketidakmampuan ponsel untuk melakukan perintah yang diberikan secara langsung dan berturut-turut. Begitu juga dengan Play Store yang tidak bisa dibuka, cobalah untuk menonaktifkan aplikasi yang berat. Selain itu, pengguna juga lebih baik mematikan mode aktifkan di latar belakang karena dapat mengganggu aplikasi lain.

2. Membersihkan Cache dan Data Play Store

Langkah kedua untuk cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka yakni dengan membersihkan cache dan data yang ada serta menimbulkan sampah sisa. Kunjungi menu pengaturan, kemudian cari Apps, dan scroll ke bawah untuk menemukan Play Store. Klik aplikasi tersebut dan kunjungi bagian Storage, kemudian pilih clear data, tunggu beberapa saat prosesnya, dan selesai. 

3. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Selain membersihkan sampah yang ada pada aplikasi Play Store, masih ada kemungkinan adanya sisa sampah yang menumpuk dan menyebabkan aplikasi tidak dapat dibuka. Untuk langkah ini juga sangat mudah yaitu kunjungi aplikasi lain untuk membersihkan cache.

Cara lain juga dapat dilakukan dengan menghapus manual folder sampah pada file foto dan video yang sudah tidak digunakan lagi. Selain itu, beberapa aplikasi chatting seperti WhatsApp menyimpan dokumen, status, dan riwayat pengiriman. Nah hal itu juga dapat dihapus oleh pengguna apabila merasa tidak penting atau tidak membutuhkannya lagi.

Baca JugaCara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus di Android Tanpa Download Lagi

4. Mematikan VPN

Aplikasi pengubah lokasi ini memang menjadi favorit bagi beberapa pengguna Android karena berbagai kebutuhan tertentu seperti menggunakan aplikasi yang belum rilis di Indonesia. Bagi pengguna yang memiliki masalah pada Play Store coba untuk menonaktifkan VPN terlebih dahulu. Sebab Play Store akan kebingungan dengan lokasi yang dimiliki dan menyebabkan tidak dapat log in.

5. Memperbarui Play Store Melalui Pengaturan

Biasanya Play Store akan memperbarui dirinya sendiri secara otomatis, tetapi beberapa pengguna ada saja yang menghentikan prosesnya. Mungkin Play Store yang tidak bisa dibuka disebabkan oleh versinya yang terlalu lama. Untuk itu perbarui Play Store dengan mengunjungi menu pengaturan, pilih system apps updater, klik perbarui semua, dan tunggu hingga selesai.

6. Melakukan Restart pada Ponsel

Langkah terakhir untuk dilakukan oleh pengguna adalah mematikan dan menghidupkan ulang ponsel agar kinerjanya kembali. Metode restart pada ponsel memang biasanya lebih banyak dipilih karena mudah dan tidak menimbulkan efek apapun. Selain itu, biasanya setelah melakukan restart seluruh fungsi dan aplikasi akan kembali serta berjalan seperti semula.

Itulah variasi cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka yang kadang menyebabkan penggunanya khawatir atau merasa cemas. Namun jangan merasa bingung karena salah satu cara tersebut pasti akan bekerja dan memperbaiki respon aplikasi. Nah cukup dahulu sampai disini, semoga penjelasan kali ini bermanfaat dan dapat dicoba oleh pengguna yang mengalami hal tersebut.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka, Mudah"