Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Menampilkan File Explorer Di Taskbar Windows 10 Paling Mudah

Komputer atau laptop keluaran terbaru biasanya akan memiliki sistem operasi yang terbaru yaitu Windows 10 namun beberapa pengguna mungkin bingung karena tampilannya. Berbeda dengan tampilan Windows lainnya, jenis ini membuka menu Windows pada bagian bawah kiri. Mungkin pengguna akan bingung cara menampilkan File Explorer di taskbar Windows 10 atau sejenisnya.

cara menampilkan file explorer di taskbar windows 10

Akan tetapi, beberapa pendapat pengguna lainnya menyebutkan bahwa tampilan Windows 10 dianggap lebih futuristik dan modern. Pendapat pengguna lain menyatakan kesulitan untuk menemukan File Explorer di Windows 10. Untuk itu pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai cara menampilkan File Explorer di taskbar Windows sepuluh yang bisa saja tidak sengaja terhapus.

Mencari File Explorer Pada Menu Start

Langkah ini mungkin menjadi cara termudah sebab memang menggunakan lebih sedikit tahap dan mungkin saja dapat dihafalkan dengan cepat oleh pengguna. Simak langsung yuk langkah sebagai cara menampilkan File Explorer di taskbar Windows 10 sebagai berikut:

1. Kunjungi Fitur Bar Pencarian Windows

Pertama pengguna harus mengunjungi menu Start dengan menekan simbol Windows pada keyboard atau mengarahkan kursor ke sudut kiri bawah layar. Setelah itu akan ada layar baru yaitu layar Start yang muncul dengan berbagai menu di dalamnya. Mungkin karena banyaknya menu yang ada pada tampilan akan menjadi kesulitan tersendiri bagi pengguna untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

2. Klik Kanan Pada File Explorer

Sebenarnya pengguna dapat mencari secara manual File Explorer pada salah satu menu tersebut atau cara lain untuk melakukan pencarian. Arahkan kursor ke bar pencarian lalu ketik File Explorer pada bar tersebut agar memudahkan pengguna.

Temukan File Explorer dengan simbol kuning kemudian klik kanan dan pilih Pin Taskbar agar muncul di halaman awal. Pilihan lain adalah pengguna dapat menyeret atau membawa File Explorer ke posisi Taskbar yang diinginkan.

Baca JugaCara Melihat Riwayat Chat WA yang Sudah dihapus Tanpa Aplikasi

Memanfaatkan Control Panel

Cara selanjutnya mungkin sedikit berbeda dibanding tahap yang disampaikan sebelumnya dan lebih memiliki banyak langkah dalam pembahasan ini. Selain itu, pengguna harus benar-benar cerdik serta tepat untuk mengikuti langkahnya. Tidak perlu menunda terlalu lama dan langsung saja simak cara menampilkan File Explorer di taskbar Windows 10  melalui Control Panel sebagai berikut:

1. Kunjungi Control Panel

Alternatif cara lain adalah dengan mengunjungi Control Panel yang dapat dikunjungi dengan mengarahkan kursor ke bagian kiri bawah tempat simbol Windows sebelumnya. Kemudian klik kanan pada Windows dan tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan menunya. Setelah itu, pengguna akan menemukan Control Panel yang ada berada di bawah menu Task Manager. 

2. Sesuaikan Pengaturan View

Untuk dapat melihat pengaturan lainnya yang ada di Control Panel, pengguna harus mengatur fitur view agar lebih luas dan menunya muncul lebih banyak. Klik view by pada bagian kanan atas dengan memilih kelompok Category small icons. Setelah itu, pengguna akan melihat perubahan tampilan yang memunculkan berbagai menu yang sebelumnya tidak terlihat.

3. Cari File Explorer

Diantara menu tersebut, cari File Explorer Options untuk mengatur kemunculan simbol software pada Taskbar atau halaman utama. Cara lain pengguna dapat langsung menyeret File Explorer tersebut ke Taskbar yang posisinya dapat disesuaikan dengan keinginan.

Perlu diketahui juga bahwa biasanya tampilan default PC atau personal computer telah meletakkan File Explorer pada bagian bawah bar menu. Akan tetapi bisa saja pengguna tidak sengaja menghilangkannya atau menghapusnya. Oleh karena itu, mungkin cara menampilkan File Explorer di taskbar Windows 10 akan sangat membantu pengguna yang merasa kebingungan dengan tampilannya.

Posting Komentar untuk "2 Cara Menampilkan File Explorer Di Taskbar Windows 10 Paling Mudah"