Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita Terbaru

Beberapa prospek kerja teknik sipil wanita yang wajib Anda ketahui supaya nantinya tidak bingung lagi. Pasalnya, jurusan tersebut memang identik didominasi oleh pria, namun faktanya tidak menutup kemungkinan diisi kaum perempuan juga. Karena ada sejumlah sektor yang sangat cocok untuk wanita.

Beberapa Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita yang Jarang Orang Ketahui

Program studi teknik sipil merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang proses perancangan, pembangunan berupa bangunan gedung ataupun insfrastruktur jalan, jembatan dan lainnya. Walaupun pekerjaannya cukup berat, prodi ini juga diminati oleh kaum wanita. Berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita

1.Quality Control

Profesi pertama yang mungkin bisa digeluti oleh para alumni program studi teknik sipil khususnya kaum wanita adalah mengisi bagian Quality Control di sebuah perusahaan. Pekerjaan ini bisa dikatakan tidak begitu sulit dan mudah untuk dipahami sekalipun untuk para perempuan karena sudah dibekali ilmunya.

Tugas utama dari menjadi bagian Quality Control adalah melakukan pengecekan terhadap alat dan bahan yang akan digunakan untuk sebuah proyek pembangunan. Tidak hanya berbicara mengenai stok atau jumlah ketersediaannya saja, tapi juga menentukan alat dan bahan berdasarkan kualitasnya.

2.Badan Usaha Milik Negara

Menjadi bagian dari BUMN atau Badan Usaha Milik Negara sangat mungkin didapatkan oleh para lulusan program studi teknik sipil. Khususnya wanita, secara umum akan menargetkan pekerjaan dibidang ini untuk tujuan akhir setelah menyelesaikan pendidikan kuliah karena merasa sangat cocok.

Ada banyak anak  perusahaan BUMN  yang mungkin bisa Anda targetkan setelah lulus kuliah. Sektor konstruksi mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu referensi dan mengisi divisi sebagai staf perkantorannya dan masih banyak lagi. Sehingga, para wanita hanya perlu stay di kantor saja.

3. Drafter

Prospek kerja teknik sipil wanita berikutnya adalah menjadi seorang Drafter. Tugas utama dari profesi ini adalah membantu pekerjaan bidang konstruksi dalam hal menggambar. Seorang wanita lulusan dari teknik sipil sangat mungkin mengambil pekerjaan ini karena bebannya kerjanya tidak begitu berat.

Selain itu, ilmu menggambar mengenai konstruksi bangunan sudah pasti dipahami oleh lulusan teknik sipil karena telah dipelajari selama menempuh pendidikan kuliah. Jadi, jika berbicara mengenai spesifikasi serta kriteria para pekerjanya  secara tidak langsung Anda sudah memenuhinya.

4. Project Supervisior Interior

Berprofesi sebagai Project Supervisior Interior merupakan salah satu pekerjaan yang sangat cocok untuk dikerjakan oleh lulusan program studi teknik sipil, khususnya wanita. Tugas dari bidang ini adalah membaca serta memahami sebuah gambar atau konsep kerja yang sudah dibuat oleh pihak drafter.

Profesi ini memiliki peran penting dalam hal menentukan sebuah anggara biaya dari proyek pembangunan. Selain itu, tugas lain seorang project Supervisior interior ialah bertanggung jawab atas berjalannya proyek. Jadi, jika terdapat suatu kendala maka PSI diminta untuk segera menyelesaikan.

5. Perencana Struktur

Bekerja sebagai Perencana Struktur memilik peran penting salah sebuah proyek pembangunan. Mulai dari proses perancangan hingga perencanaan yang tepat serta bertanggung jawab atas semua tahapan tersebut adalah tugas utama dari profesi Ini.

Dalam bidang ini sangat membutuhkan sosok yang benar-benar memahami tentang struktur pembangunan karena nantinya hasil dari rancangannya akan dijadikan dasar kerja. Oleh sebab itu, sekalipun seorang wanita tapi dapat memenuhi spesifikasinya maka bisa mengambil bagian ini.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik sipil wanita. Jadi, sekalipun Anda seorang perempuan dan memilih jurusan tersebut saat kuliah, tak perlu khawatir mengenai peluang pekerjaannya. Karena masih ada banyak lagi bidang yang mungkin bisa digeluti setelah lulus.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Teknik Sipil Wanita Terbaru"