Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan Buat Kamu Yang Suka Menjaga Alam Sekitar

Prospek kerja kesehatan lingkungan pada dasarnya memiliki ruang lingkup yang cukup besar. Berkat bekal ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan kuliah, membuat para alumninya tidak perlu bingung lagi ketika menentukan atau memilih sebuah sektor untuk bisa menjadi bagiannya nanti.

Beberapa Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan

Program Studi kesehatan lingkungan merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang bagaimana cara mengelola lingkungan supaya tetap bersih dan juga lestari. Tujuan utamanya adalah menciptakan kehidupan sehat serta aman dari berbagai macam jenis  penyakit. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan

1. Menjadi Spesialis Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan

Profesi pertama yang sesuai dengan jurusan selama kuliah dan bisa Anda geluti adalah menjadi spesialis dalam bidang keselamatan serta kesehatan lingkungan. Pekerjaan ini berfokus pada membuat sebuah perlindungan terhadap berbagai macam penyebab tersebarnya sebuah penyakit.
Bisa dikatakan, tugas utama dari seorang yang menjadi spesialis keselamatan dan kesehatan lingkungan adalah bertanggung jawab atas terbangunnya kondisi bersih pada setiap daerah lingkungan hidup. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir tumbuhnya penyakit akibat dari area yang kotor.

2. Inspektur Kesehatan Lingkungan

Tugas dari seorang inspektur kesehatan lingkungan tidak begitu berbeda dengan profesi sebelumnya yaitu  bertanggung jawab terhadap keselamatan serta kesehatan banyak masyarakat. Secara tidak langsung, pekerjaan ini membuat sebuah hukum agar lingkungan tetap berada dalam kondisi bersih.
Seorang inspektur kesehatan lingkungan berfokus pada sebuah topik kesehatan lingkungan serta melalukan kegiatan inspeksi. Pada sebagian orang, hal ini dilakukan di sebuah lembaga pemerintahan  baik skala nasional ataupun daerah. Hal tersebut bertujuan guna membangun kehidupan yang sehat.

3. Pengawas Keamanan Pangan

Prospek kerja kesehatan lingkungan berikutnya adalah menjadi pengawas keamanan pangan. Sesuai dengan namanya, sudah pasti tugas utamanya adalah mengawasi serta bertanggung jawab atas semua kegiatan membuatkan  produk makanan yang ditargetkan untuk dipasarkan secara meluas.
Seorang pengawas keamanan pangan mampu menjamin bahwa makanan tersebut layak dikonsumsi karena sudah melewati proses uji klinis dan lainnya. Oleh sebab itu, profesi ini memiliki peran yang sangat krusial karena menyangkut kesehatan serta keselamatan para pekerjanya selama produksi.

4. Analis Polusi Udara

Jika Anda memiliki tingkat kepedulian yang cukup tinggi terhadap bumi dan lingkungan sekitar, maka menjadi seorang analis polusi udara adalah jawaban terbaiknya. Tugas dari profesi ini adalah melalukan sebuah penelitian terhadap polusi udara guna mengetahui kadar serta tingkat bahayanya.
Menjadi analis polusi udara akan menuntut Anda untuk memahami bagaimana cara melakukan sebuah penelitian terhadap polusi tersebut. Oleh sebab itu, pemahaman mengenai hal tersebut sangat dibutuhkan guna melakukan riset secara mendalam dan mendapatkan hasil lebih mendetail.

5. Toksikologi Lingkungan

Toksikologi lingkungan sebuah profesi yang melakukan sebuah penelitian terhadap organisme metabolisme yang berbahan Kima dan juga beracun. Selain itu, secara mendetail tiga dari pekerjaan ini adalah riset terhadap ekosistem organisme, jaringan makan hingga tingkat bahanya dari zat kimia.
Seorang Toksikologi akan melakukan banyak eksperimen terhadap lingkungan melalui larotatirium, komputer hingga kerja lapangan. Pada bidang ini Anda akan dituntut untuk mampu berpikir secara metodologis ilmiah hingga berani dan memahami bagaimana melakukan eksperimen yang benar.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja kesehatan lingkungan yang bisa Anda geluti setelah menyelesaikan pendidikan  kuliah. Selain daftar pekerjaan diatas, masih banyak peluang lainnya yang siap diambil dan dijalankan. Oleh sebab itu, pahami secara mendalam keilmuannya.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan Buat Kamu Yang Suka Menjaga Alam Sekitar"