Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Teknik Telekomunikasi Yang Berkembang Pesat

Prospek kerja teknik telekomunikasi seperti akan terus tumbuh mengingat bahwa kini teknologi dalam bidang tersebut mengalami perkembangan yang sangat pesat. Ada banyak industri baru membuka lapangan pekerjaan karena telekomunikasi saat ini sudah menjadi bagian penting dari kehidupan.

Beberapa Prospek Kerja Teknik Telekomunikasi

Program studi teknik telekomunikasi merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang berbagai macam teknologi yang berkaitan dengan hal tersebut. Terlebih pada saat ini sektor telekomunikasi mengalami perkembangan sangat signifikan dalam industrinya. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Teknik Telekomunikasi
Pexels

1. Programmer Komputer

Menjadi seorang programmer komputer pada dasarnya tidak hanya berlaku untuk para lulusan teknik informatika saja. Jika Anda alumni program studi telekomunikasi juga dapat menggeluti bidang tersebut. Pasalnya, semua kebutuhan akan ilmu pengetahuannya telah dibekali selama masa kuliah.
Tugas dari seorang programmer komputer atau coder adalah membuat serta menulis untuk sebuah perangkat lunak. Selain itu, Anda juga dapat menentukan fokus bidangnya. Profesi ini berperan dalam proyek pembuatan, mulai dari perencanaan, perancangan, evaluasi hingga melakukan tes uji coba.

2. Administrator Jaringan

Profesi sebagai Administrator Jaringan ialah seseorang yang bertanggung jawab pada proses rancangan serta pemasangan organisasi sistem komputer. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah mengatur local area network (LAN), jaringan area luas (WAN), , sistem intranet sebuah perusahaan.
Profesi ini pada dasarnya akan berkonsultasi kepada klien guna mencari tahu apa yang dibutuhkan  untuk jaringannya. Kemudian administrator akan menyusun sebuah rencana berupa sistem komputer Setelah itu barulah membuat suatu titik dan memasukkan seluruh fitur yang dibutuhkan oleh pihak  klien dan  memastikan bahwa semua  informasi yang dibagikan tetap aman  di antara jaringan dan sesuai.

3. Konsultan Keamanan Jaringan

Prospek kerja teknik telekomunikasi berikutnya yaitu berprofesi sebagai Konsultan Keamanan Jaringan. Tugas dari pekerjaan ini adalah bertanggung jawab dalam mencegah kebocoran sebuah informasi penting serta bersifat sangat  sensitif yang bersumber dari database suatu perusahaan.
Hingga saat ini ada banyak perusahaan dan organisasi pemerintah memiliki sebuah bank besar berisikan berbagai macam informasi rahasia yang tersimpan dalam jaringannya. Mulai dari laporan keuangan, kontak pelanggan, detail proyek hingga, sebuah data berharga yang tidak boleh diakses.

4. Computer Support Specialist atau CSS

Ketika komputer anda mengalami suatu masalah, maka seorang yang bekerja sebagai Computer Support Specialist sangat dibutuhkan. Pasalnya, tugas dari pekerjaan ini adalah untuk membantu para pengguna menyelesaikan sebuah kendala tersebut, sehingga komputer dapat kembali digunakan.
Profesi ini pada dasarnya akan bekerja sama dengan suatu perusahaan guna mengatasi sebuah masalah.  Selain itu, tugas lainnya yaitu memodifikasi atau membersihkan hardware dan software untuk memperbaikinya jika ada kerusakan. CSS juga mengelola sistem komputer peruasahaan sehari-hari.

Prospek kerja untuk para lulusan program studi teknik informatika adalah berprofesi sebagai  Manajer Informasi. Pekerjaan ini merupakan sebuah divisi yang berperan untuk membantu suatu perusahaan agar sukses mengintegrasikan teknologinya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari industrinya.
Manajer Informasi juga bertugas untuk membantu dalam membangun perencanaan suatu bisnis serta mengawasi keamanan pada sebuah jaringan hingga  mengarahkan operasi jaringan Internet. Setelah berkonsultasi dengan pihak terkait  mengenai apa yang ingin dituju melalui proyek tersebut.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik informatika. Penjelasan diatas membuktikan bahwa ada banyak peluang pekerjaan yang bisa ditekuni setelah menyelesaikan pendidikan. Oleh sebab itu, manfaatkan waktu sebaik-baiknya selama dibangku kuliah.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Teknik Telekomunikasi Yang Berkembang Pesat"