Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan Yang Selalu Cerah Sampai Kapanpun

Prospek kerja ilmu pemerintahan sudah pasti tidak jauh-jauh dari sektor instansi, birokrasi ataupun politik serta hubungan internasional antar negara. Seperti yang diketahui, bidang tersebut merupakan prioritas dari setiap negara karena bagian penting dari pertumbuhannya. Oleh sebab itu, Anda jangan khawatir mengenai peluang pekerjaannya.

Beberapa Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

Program studi ilmu pemerintahan merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan serta manajemen organisasi publik. Mulai dari legislatif, eksekutif, yudikatif hingga lembaga lainnya yang menjalankan dan memiliki peran fungsi negara. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

1. Anggota Atau Staf Legislatif

Peluang kerja pertama yang mungkin bisa  diambil oleh lulusan dari program studi ilmu pemerintahan adalah menjadi anggota ataupun staff legislatif. Pasalnya, alumni jurusan tersebut sudah dibekali sejak awal mengenai ilmu pengetahuan tentang bagaimana membuat strategi yang efektif untuk pemerintah.
Tugas utama dari pekerjaan ini adalah membentuk sebuah strategi yang nantinya akan diterapkan oleh pemerintah guna membangun serta Mensejahterakan masyarakatnya. Oleh sebab itu, dalam bidang ini sangat membutuhkan sosok yang benar-benar memahami ilmu pemerintahan secara mendalam.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Peluang kerja pertama yang mungkin bisa Anda geluti adalah bekerja sebagai aktivitas atau lainnya di sektor lembaga swadaya masyarakat. Pada dasarnya, bidang ini bergerak untuk melakukan berbagai macam kepentingan yang berkaitan dengan keberlangsungan kehidupan masyarakat secara luas.
Sebagai lulusan program studi ilmu pemerintahan, Anda secara tidak langsung memiliki sebuah kemampuan atau memenuhi spesifikasi agar bisa menjadi bagian dari pekerjaan tersebut. Di Indonesia, tercatat ada banyak lembaga swadaya masyarakat, jadi Anda tak perlu merasa bingung lagi.

3. Konsultan Pemerintah

Prospek kerja ilmu pemerintahan berikutnya adalah memungkinkan Anda untuk menjadi konsultan pemerintah. Tugas utama dari profesi ini adalah menjadi partner pihak-pihak tertentu dalam menangani masalah mengenai pemerintah. Oleh sebab itu, bidang ini ditugaskan untuk mencari sebuah solusinya.
Selain itu, seorang konsultan pemerintah juga ditugaskan untuk membuat sebuah strategi yang efektif agar nantinya bisa diterapkan ke dalam program pemerintah. Jadi, Anda akan dituntut agar memahami tentang penelitian serta melakukan sebuah riset guna mencari jawaban atas semua kendala tersebut.

4. Pengawas Properti Pemerintah

Melakukan suatu penyelidikan serta memeriksa properti terhadap pemerintah, untuk memastikan kepatuhan dengan perjanjian kontrak dan peraturan. Tugasnya yaitu menyiapkan korespondensi, rekomendasi tindakan, laporan investigasi, hingga memeriksa catatan baik berupa laporan dokumen, tugas dari profesi ini adalah memantau penyelidikan pelanggar guna memastikan diadili sesuai ketentuan hukum dan  persyaratan konstitusional. Maka, dibutuhkan sosok yang mampu  berpikir kritis dengan memanfaatkan logika serta keahlian ter kombinasi  guna melakukan sebuah identifikasi.

5. Asisten Peneliti

Menjadi seorang asisten peneliti sangat mungkin dirasakan oleh lulusan program studi ilmu pemerintahan. Selain itu, Anda akan mengawasi dan memenuhi sebuah kegiatan yang sedang dikerjakan seperti melakukan penelitian agar mendapatkan sebuah solusi atas semua pertanyaan
Selain itu, berawal dari menjadi seorang asisten, maka tidak menutup kemungkinan untuk Anda naik ke jenjang lebih tinggi yaitu kepala proyek penelitian. Pasalnya, hal tersebut sangat membutuhkan sosok yang mampu riset serta mencari tahu acara dapat menemukan sebuah solusi permasalahan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja ilmu pemerintahan. Pada bidang tersebut memiliki ruang lingkup pekerjaan yang sangat luas serta ada banyak sektor dengan peluang kerjanya cukup terbuka lebar. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai hal tersebut.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan Yang Selalu Cerah Sampai Kapanpun"