Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Ahli Gizi Bagi Fresh Graduate

Mungkin diluar sana masih banyak orang yang bingung mengenai peluang serta prospek kerja ahli gizi. Alhasil membuat para calon mahasiswanya ragu ketika ingin menentukan sebuah jurusan saat hendak masuk ke bangku pekuliahan. Oleh sebab itu, untuk menepis pikiran tersebut simak penjelasan berikut.

Prospek Kerja Ahli Gizi yang Wajib Anda Ketahui

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai prospek kerja, ketahui terlebih dahulu tentang jurusannya. Program studi ahli gizi mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan kandungan gizi dan sejenisnya, mulai dari makanan serta lainnya. Berikut beberapa prospek kerja ahli gizi.

Prospek Kerja Ahli Gizi
Pexels

1. Konsultan Gizi

Banyak profesi yang bisa Anda ditekuni setelah menyelesaikan pendidikan dan salah satunya adalah menjadi seorang konsultan gizi. Pasalnya, pekerjaan ini dapat dilakukan diberbagai macam sektor, mulai dari individual, klinik kesehatan, rumah sakit, sebuah yayasan hingga  suatu pusat kebugaran.
Namun, pada dasarnya dimanapun Anda bekerja, tugas utama dari seorang konsultan gizi adalah guna menunjang target yang ingin dicapai oleh konsumen atau klien tersebut. Disini peran Anda untuk memberikan sebuah arahan mengenai apa saja  asupan yang harus dikonsumsi agar sesuai keinginan.

2. Badan Pengawas Obat dan Makanan dan Badan Ketahan Pangan

BPOM atau  (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) serta BKP (Badan Ketahanan Panganan) merupakan salah satu sektor yang sangat dekat dengan para lulusan program studi ahli gizi. Pasalnya bidang tersebut  membutuhkan sosok yang memiliki pengetahuan lebih mengenai  bahan makanan.
Ahli gizi dapat bekerja di instansi pemerintah namun harus memiliki pengetahuan  lebih tentang bahan makanan serta kandungan gizi yang ada di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan sebuah penelitian terhadap produk makanan atau sejenisnya, mulai dari aspek kesehatan hingga legalitasnya.

3. Enterpreneurship

Prospek kerja ahli gizi berikutnya yaitu memiliki kesempatan untuk menjadi seorang Enterpreneurship. Walaupun siapapun bisa menggeluti bidang tersebut, namun khusus para alumni dapat mengambil fokus bisnis dalam sektor makanan sehat atau sejenisnya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan.
Anda  bisa membuka serta mendirikan jada catering untuk masyarakat umum ataupun memenuhi keperluan diet. Dengan begitu, khasnya adalah menyediakan menu khusus hingga melayani  konsultasi gizi secara langsung kepada klien klien yang membutuhkan arahan dan saran  guna keperluan tertentu.

4. Ilmuwan Makanan

Secara umum, seorang Ilmuwan makanan memiliki tugas yaitu guna meningkatkan serta mengembangkan. Biasanya menangani suatu produk makanan untuk sebuah perusahaan, pemerintah, universitas atau industri lainnya yang mengelola makanan, minuman, vitamin dan masih banyak lagi.
Jika anda memasuki bidang ini, maka akan menggunakan mikrobiologi, fisika, dan kimia serta bioteknologi. Hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan teknik yang dipakai guna mendistribusikan, memproses hingga proses menyimpan dan mengawetkan makanan bahkan melakukan suatu analisa.

5. Herbalis

Untuk bisa  berprofesi  sebagai herbalis, Anda  perlu menumbuhkan jiwa untuk membantu seseorang. Selain itu, dibutuhkan juga keterampilan praktis yang sesuai dan ilmu pengetahuan guna masuk ke dalam dunia bisnis dan mampu bersaing di industrinya.
Selain itu, Anda dituntut untuk memahami dan memiliki ilmu pengetahuan tentang obat-obatan tumbuhan hingga aplikasi terapeutiknya. Hal tersebut bertujuan guna meningkatkan kesehatan serta meringankan berbagai macam penyakit.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja ahli gizi. Perlu Anda ketahui bahwa penjelasan mengenai peluang pekerjaan diatas hanyalah sebagiannya saja. Terlepas dari, masih ada banyak profesi yang bisa ditekuni setelah menyelesaikan pendidikan kuliah.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Ahli Gizi Bagi Fresh Graduate"