Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Teknologi Informasi Di Zaman Go Digital Saat Ini

Prospek kerja teknologi informasi di era digital seperti sekarang ini peluangnya semakin terbuka lebar. Mengingat kini perannya sudah menjadi sangat penting  dalam kehidupan. Mulai dari urusan ekonomi, sosial, serta politik mengandalkan bidang ini guna memenuhi kebutuhan industri dan keseharian.

Prospek Kerja Teknologi Informasi Di Era Digital

Program studi teknologi informasi merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang pemrograman, ilmu komputer, manajemen bisnis hingga teknik elektro. Mengingat kemampuan tersebut di era seperti sekarang ini sangat dibutuhkan, membuat peluang kerjanya terbuka lebar. Berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Teknologi Informasi
Pexels

1. System Analyst

Prospek kerja pertama yang bisa Anda geluti setelah menyelesaikan pendidikan adalah berprofesi sebagai System analyst. Tugas dari pekerjaan ini adalah memeriksa semua kebutuhan sistem IT, memeriksa hardware dan software yang berkaitan dengan perusahaan guna kepentingan industrinya.
Selain itu, seorang yang bekerja sebagai System analyst juga berperan dalam penerapan, pelatihan kepada pengguna, pengembangan hingga evaluasi efisiensi sistem. Profesi ini pada dasarnya sangat mengandalkan ilmu komunikasi dan juga  kemampuan analisis yang baik guna mendukung kinerjanya.

2. IT Support Analyst

Peluang kerja berikutnya bagi para lulusan program studi teknologi informasi adalah berprofesi sebagai IT Support Analyst. Secara singkat, tugas dari pekerjaan ini ialah menyediakan sebuah pengaturan teknis, pendukung, serta saran kepada para pengguna  melalui telepon, email, atau secara langsung.
Selain itu, seorang yang berprofesi sebagai IT Suppport Analyst juga akan memberikan sebuah dukungan pada pihak tertentu sesuai permintaan guna memperbaiki serta menyempurnakan teknologi di kantor ataupu di rumah. Dalam pekerjaan ini harus memiliki ilmu pengetahuan teknologi yang luas.

3. Network engineer

Prospek kerja teknologi informasi selanjutnya adalah menjadi Network Engineer. Secara umum tugas dari  pekerjaan ini adalah mengatur, pemeliharaan, mengelola administrasi, serta meningkatkan sistem, jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN) dan juga komunikasi pada  suatu organisasi.
Network Engineer pada dasarnya bertanggung jawab atas penyimpanan data, keamanan, serta menerapkan sebuah strategi saat terjadi suatu masalah terhadap jaringan. Apabila Anda tertarik menjadi seorang ahli di bidang ini, maka dibutuhkan sertifikasi teknis dan juga kemampuan lainnya.

4. IT Consultant

Tugas seorang yang berprofesi sebagai IT Consultant ialah menyediakan keahlian secara teknis serta menerapkan sistem Teknologi Informasi untuk para klien eksternal. Selain itu,  pekerjaan ini juga terlibat dalam proses merancang sistem, pengembangan kode, mengelola proyek serta pendukung jualan.
Untuk bisa menjadi seorang IT Consultant, spesifikasi yang dibutuhkan ialah perlu memiliki keterampilan tambahan dan pendukung terlepas dari kemampuan teknis. Mulai dari ilmu berkomunikasi, presentasi, manajemen, hingga membangun kerjasama antar anggota dengan baik.

5. Software Developer

Pekerjaan berikutnya yang cukup dekat dengan lulusan program studi teknologi informasi adalah menjadi Software Developer. Tugasnya adalah mengimplementasikan sebuah solusi akan software dengan membangun aplikasi, sistem, situs website dan lainnya yang berhubungan pada bidang coding.
Seorang yang bekerja sebagai Software Developer juga akan terlibat dengan rekan kerja guna menilai dan mencari solusi pada sistem yang dibutuhkan. Itu artinya bidang ini tidak hanya membutuhkan keterampilan secara  teknis tapi  juga sangat mengandalkan kemampuan  bekerja sama dengan tim.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknologi informasi. Di era digital seperti sekarang ini, dimana perkembangan terus melaju dengan pesat membuat Anda tidak perlu mengkhawatirkan peluang pekerjaannya. Jadi, asah sebaik mungkin kemampuan dalam bidang ini.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Teknologi Informasi Di Zaman Go Digital Saat Ini"