Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Sholat Tahajud Yang Sangat Istimewa

Manfaat sholat Tahajud atau yang biasa kita sebut sholat malam ini mempunyai keutamaan yang sangat istimewa apabila diantara umat muslim yang rajin melaksanakannya.

Manfaat Sholat Tahajud

Selain sholat wajib, sholat sunnah tahajud juga dianjurkan, karena sholat sepertiga malam ini memiliki keutamaan dan kelebihannya mampu menghantarkan kita menuju surga.


Seperti yang diketahui, amalan-amalan sunnah yang tinggi pahala dapat mempermudah kita meraih surga Allah SWT. Salah satu amalan yang mempunyai pahala tinggi adalah sholat tahajud atau juga disebut dengan "Shalatun lail" di dalam bahasa Arab yang artinya sholat malam.


Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang dapat dikerjakan seusai sholat isya' sampai waktu menjelang subuh. Adapun waktu yang paling dianjurkan ketika akan melaksanakan sholat tahajud ini berada di waktu sepertiga malam hari, dan setelah bangun dari tidur.


5 Manfaat Sholat Sunnah Tahajud


1. Mengangkat Derajat Manusia


Dengan rajin melaksanakan Ibadah sholat sunnah dua rakaat di malam hari ini ternyata menyimpan berbagai macam manfaat.


Diantaranya adalah sholat tahajud dapat mengangkat derajat manusia ke tempat yang lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang tercantum pada Qur’an surah Al Isra’ yang berbunyi.


وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدَبِهِ نَا فِلَةً لَكَ عَسَى اَنْ يَبْعَسَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا.


“Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”


Melaksanakan sholat tahajud bisa juha dijadikan solusi bagi hamba-Nya yang sedang dalam kesulitan seperti tertimpa musibah atau membutuhkan pertolongan. Karena dengan berserah diri meminta pertolongan kepada Allah SWT, niscaya semua permintaan hamba-Nya akan dikabulkan.


2. Dapat Menghapus Dosa


Manusia memang tidak akan luput dari dosa. Entah itu dosa yang kecil maupun dosa besar, kita semua pasti pernah melakukannya kesalahan selama hidup di dunia.


Oleh sebab itu, kita sebagai manusia biasa dianjurkan melaksanakan amalan ibadah yang dapat menghapus dosa tersebut. Salah satunya adalah dengan melaksanakan sholat tahajud.


Sebagaimana yang disebutkan pada sebuah Hadis Tarmizi yang berbunyi: “Lakukanlah shalat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Tuhan kalian, menghapus segala kesalahan atau penyakit dan mencegah dari perbuatan dosa.


Ini bukti bahwa sholat tahajud dapat menjadi penolong penghapus dosa-dosa manusia selama hidup di dunia serta merupakan kebiasaan yang baik untuk mencapai ridho Allah SWT.

Baca Juga: Sholat Taubat Yuk, Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang


3. Pembuka Pintu Surga


Sholat malam ini juga mampu menjadi sebuah penolong diri agar kita dengan mudah dibukakan pintu surga oleh Allah SWT.


Dalam sebuah hadis shahih, dijelaskan jika Rasulullah SAW senantiasa mengajak umatnya untuk melaksanakan sholat pada malam hari agar memudahkan mereka masuk ke dalam surga. Hadist tersebut berbunyi seperti berikut


“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan berilah makanan kepada orang-orang yang membutuhkan, sambunglah silaturahmi dan dirikanlah sholat pada malam hari saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).


4. Mempermudah Menemukan Jodoh


Jodoh merupakan rizki yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya. Banyak manusia hingga saat ini yang masih kesulitan dalam mencari jodoh. Dengan mendirikan sholat tahajud tentunya juga dapat mempermudah dan membuka pintu jodoh. Jika kamu ingin meminta jodoh yang terbaik, sebaiknya mendekatkan diri kepada Allah dan panjatkan doa kepadanya niscaya Allah akan memberikan jodoh yang tepat untukmu.


5. Doanya Lebih Mujarab dan Cepat Dikabulkan


Setiap manusia pasti menginginkan supaya doa-doa yang dipanjatkan lebih cepat dikabulkan. Terutama bagi kamu yang mempunyai hajat, entah itu hajat kecil maupun besar.


Melaksanakan sholat tahajud mampu membantu doa-doa yang kamu panjatkan segera terkabul karena cahaya kasih sayang Allah SWT turun ke langit dunia ketika sepertiga malam terakhir setiap malamnya, sehingga dzikir dan doa yang kamu panjatkan setelah sholat tahajud akan lebih didengar dan lebih berkesan.


Hal ini sesuai dengan hadist riwayat Bukhari Muslim berikut ini:


“Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).


Semoga dengan rajin melaksanakan sholat tahajud, kita semua senantiasa mendapatkan derajat istimewa dan surga di akhirat nanti.


Demikian rangkuman manfaat sholat tahajud yang perlu kamu ketahui supaya lebih semangat lagi dalam menjalankan ibadah wajib maupun sunnah. Terimakasih atas kunjungannya dan selamat menunaikan ibadah pada waktunya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Sholat Tahajud Yang Sangat Istimewa"