Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan Android Dibanding iPhone

Kekurangan Android - Sekarang ini sistem operasi Android setidaknya merajai 89 persen pasar global smartphone. Tidak bisa dipungkiri, karena kebanyakan produsen smartphone memang lebih banyak menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan Android lebih rendah dibandingkan dengan sistem operasi iOS.

Kekurangan Android

Tetapi banyak hal yang menurut beberapa orang menjadi kelemahan Android. Hal ini membuat kompetitor lebih diunggulkan. Kompetitor utama Android adalah iOS, sistem operasi yang diluncurkan Apple ini memang jumlah penggunanya tidak sebanyak Android. Akan tetapi banyak kekurangan yang dimiliki Android yang mampu diberikan dengan baik oleh iOS. Berikut ini kami merangkum beberapa kekurangan Android dibandingkan iOS.

Pembaruan yang Lambat

Bagi sebagian besar pengguna Android mungkin sudah mengerti dan terbiasa akan hal ini. Apalagi dengan munculnya OS Android versi paling baru, pengguna harus menunggu berbulan-bulan untuk dapat menikmatinya. Untuk pengguna smartphone lama bahkan pembaruan tidak datang sama sekali.

Hal ini dikarenakan para vendor ponsel Android melakukan modifikasi OS Android stock untuk memberikan eksklusifitas kepada konsumen. Akhirnya pihak Google menggunakan lini pixel yang berguna agar selalu mendapatkan Android versi terbaru dan proses update yang cepat.

Baca Juga: Cara Mencegah Malware di Android

Lemot Karena Bloatware

Tak hanya memodif OS pada Android, para vendor juga sering kali memasang bloatware tambahan yang merupakan aplikasi buatan mereka sendiri. Hal ini membuat kinerja smartphone agak lambat dikarenakan banyaknya aplikasi tambahan yang merupakan aplikasi dari pihak vendor itu sendiri.

Para pengguna juga tidak bisa menghapus bloatware tersebut dan hanya bisa dinonaktifkan saja. Hal ini membuat kapasitas memori internal menjadi berkurang karena terkikis oleh bloatware.

Penambahan bloatware ini sangat berpengaruh pada smartphone, apalagi untuk jangka panjang. Tak heran jika penggemar Apple sering kali mengejek nama Android jadi lagdroid, dikarenakan Android akan menurun performanya setelah beberapa bulan digunakan.

Tingginya Resiko Malware

Kekurangan Android selanjutnya adalah tingginya resiko malware. Percaya atau tidak, Smartphone Android lebih rentan terkena malware daripada iOS. Penyebabnya adalah karena pengguna Android dapat dengan mudah mengunduh aplikasi dari pihak ketiga atau diluar PlayStore dan juga dapat mengunduh langsung aplikasi melalui website yang ada di Google.

Disisi lain ini adalah sebuah kelebihan yang dimiliki oleh Android karena memiliki kemudahan dalam mengunduh dan memasang aplikasi, akan tetapi disisi lain hal ini sangat beresiko terkena malware. Tak heran jika laporan malware banyak didominasi oleh para pengguna Android.

Aksesoris Sulit Ditemukan

Jenis smartphone yang ada sangatlah banyak dan terdiri dari beragam varian, hal ini membuat para pengguna Android kesusahan dalam menemukan aksesoris ponsel yang berkualitas. Bahkan mendapat aksesoris yang mirip pun sudah menjadi keberuntungan.

Jika kamu membeli smartphone Android keluaran terbaru, mungkin aksesorisnya baru ada dipasaran setelah selang beberapa minggu bahkan mungkin beberapa bulan kemudian.

Diskriminasi Medsos

Kekurangan Android yang terakhir ialah adanya diskriminasi media sosial. Telah kita ketahui bersama bahwa aplikasi pada iOS lebih menguntungkan dibanding Android. Hal ini menyebabkan banyak para developer yang akhirnya memilih merilis aplikasi mereka di iOS ataupun mendahulukan rilis di iOS daripada Android.

Bisa kita lihat pada instagram, kualitas instastory pada iPhone jauh lebih baik dibandingkan dengan Android. Mungkin karena instagram tak dapat mengembangkan banyak versi untuk banyaknya smartphone Android, dan karena Aplle hanya memiliki bebrapa versi maka pengembangnanya pun juga cukup mudah daripada Android.

Nah sekarang kamu sudah mengerti bukan tentang kekurangan Android dibanding kompetitor sebelah. Semoga artikel ini membantu kamu dalam menentukan smartphone mana yang akan kamu gunakan. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kekurangan Android Dibanding iPhone"