Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Malware di Android

Sebetulnya cara menanggulangi malware pada smartphone bisa dilakukan dengan cukup mudah, selama kamu mentaati aturan yang ada di dalam menggunakan smartphone. Mungkin dengan mengunduh aplikasi melalui App Store atau pun Play Store sudah dianggap aman dan tidak ada resikonya. Padahal masih ada beberapa resiko yang mungkin ada dan itu beresiko serangan malware.

Cara Mencegah Malware

Secara umum malware adalah sebuah parasit yang hinggap pada sistem Android atau smartphone. Malware merupakan suatu software yang dibuat untuk memasuki dan cenderung menyerang sistem Android, komputer, server, atau jaringan dan biasanya tidak disadari secara langsung.

Kata malware sebenarnya memiliki sebuah arti tersendiri, tersusun dari dua kata yaitu mal dan ware. Kata mal dalam hal ini mengandung arti “niatan jahat” sedangkan ware memiliki arti software “perangkat lunak”, secara keseluruhan malware dapat didefinisikan sebagai suatu tindakan atau niatan jahat dengan melalui sarana perangkat lunak ataupun sistem operasi.

Berdasarkan apa yang dijelaskan di atas, para pengguna smartphone harus tahu serta memahami bagaimana cara mencegah malware agar smartphone mereka tetap aman.

Padahal tanpa kita sadari jika kita tidak melakukan pencegahan terhadap serangan malware maka akan berdampak serius bagi smartphone kita. Karena dapat berdampak negatif bagi keamanan serta performa smartphone kita.

Baca Juga: Fungsi Root HP Android dan Resikonya

Berikut ini kami akan memberikan beberapa cara mencegah malware agar smartphone kamu terhindar dari serangan malware

Mengetahui Review Aplikasi

Cara mencegah malware pertama ini adalah cara yang lumayan efektif untuk digunakan. Kamu hanya perlu melakukan observasi terhadap aplikasi yang akan kamu unduh. Cara ini sama hal nya jika kamu akan membeli barang melalui toko online atau marketplace lainya, pasti kamu sebelum membeli barang tersebut kamu akan melihat dulu testimoni dari yang diberikan oleh para konsumen sebelumnya. Sama halnya dengan mengunduh aplikasi, dengan cara ini kamu akan mendapat gambaran tentang aplikasi yang akan kamu unduh dari orang yang sudah mengunduh sebelumnya.

Untuk melihatnya kamu hanya perlu melihat komentar atau review yang diberikan, biasanya berada dibagian paling bawah pada halaman unduhan aplikasi. Dan anda juga harus memastikan bahwa aplikasinya berjalan baik dan tidak ada masalah.

Menghindari Aplikasi Ilegal

Terkadang para pengguna smartphone masih belum cukup dengan aplikasi-aplikasi yang terdapat di Google Play Store. Padahal pengembang sudah menyediakan store resmi untuk aplikasi yang dibutuhkan para pengguna. Mungkin karena alasan kelengkapan jenis aplikasi maka para pengguna memilih mengunduh aplikasi dari penyedia aplikasi ilegal. Tidak hanya alasan varian aplikasi, tetapi para pengguna juga cenderung menggunakan aplikasi ilegal karena banyak aplikasi di Play Store yang mengharuskan para pengguna membeli lisensinya.

Periksa Profil Developer

Perkembangan teknologi berbanding lurus dengan kemampuan manusia dalam memanfaatkan teknologi itu. Dalam hal ini tidak heran jika banyak sekali developer dan pengembang aplikasi baru semakin gencar membuat aplikasi-aplikasi baru yang sangat bermanfaat untuk banyak orang.

Sebagai pengguna smartphone yang bijak dan pintar kita harus selalu melihat kredibilitas dari para pengembang aplikasi yang akan kita unduh. Anda harus memastikan bahwa mereka mempunyai reputasi yang baik di kalangan pengembang aplikasi.

Memasang Software Anti Malware

Dalam PlayStore sudah sangat banyak aplikasi yang digunakan untuk mencegah kejahatan malware. Aplikasi ini secara garis besar memiliki kelebihan untuk melakukan deteksi adanya malware atau virus pada smartphone kalian. Sebagai pencegahan baiknya anda secara rutin melakukan scanning pada smartphone anda.

Itulah beberapa tips untuk anda mengenai cara mencegah malware di Android yang bisa anda coba. Demikian artikel kali ini dan semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "Cara Mencegah Malware di Android"