Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus di Android Tanpa Download Lagi

Pada smartphone Android, aplikasi yang sudah terhapus biasanya tidak langsung terhapus sepenuhnya. Karena masih ada data yang tersisa di dalam memori perangkat, karena itu jika aplikasi WhatsApp terhapus. Masih ada cara mengembalikan aplikasi whatsapp yang terhapus di android tersebut sekalipun tanpa mendownload ulang di Play Store.

cara mengembalikan aplikasi whatsapp yang terhapus di android

Biasanya jika mendownload ulang, pengguna akan kehilangan sebagian data yang sudah ada dalam aplikasi. Apalagi jika pengguna adalah tipe yang jarang melakukan back up secara rutin. Ada kemungkinan pengguna kehilangan data penting yang diperlukan. Cara ini akan memungkinkan pengguna memasang kembali aplikasi WhatsApp tanpa kehilangan data sama sekali. Bahkan tampilannya akan sangat sama dengan sebelum terhapus.

1. Buka Play Store Pada Perangkat

Tahap pertama yang perlu dilakukan oleh pengguna Android adalah membuka Play Store pada Perangkat. Tenang saja, karena pengguna tidak akan diminta untuk mencari aplikasi kemudian mendownload ulang. Setelah membuka Play Store, tekan tanda garis tiga yang biasanya ada di ujung kiri layar tampilan Play Store.

2. Buka Menu Profil yang Ada

Tanda garis tiga tersebut akan membawa pengguna pada beberapa pengaturan yang ada dalam Play Store. Termasuk profil pengguna, klik foto profil yang ada di dalam pilihan tersebut. Tampilan pun akan berubah pada profil pengguna. Akan ditampilkan juga aplikasi-aplikasi yang pernah dipasang dan perlu di update pada akun Play Store tersebut.

Baca JugaCara Memperbaiki File Corrupt Di Android Paling Mudah dan Penyebabnya

3. Terapkan Filter Tidak Diinstall

Selain aplikasi yang terpasang dan perlu di update pada perangkat. Halaman ini juga menyimpan aplikasi yang di download oleh perangkat namun tidak diinstall. Biasanya yang masuk dalam kategori ini adalah aplikasi yang datanya belum sepenuhnya dihapus dari perangkat. Untuk menemukannya, pengguna harus merubah filter aplikasi.

Biasanya filter ini adalah di bagian atas layar tampilan Play Store. Kemudian ganti filter dengan ‘Aplikasi yang Tidak Diinstal’ maka tampilan akan berubah menjadi tampilan aplikasi yang ada namun belum diinstall lagi. 

4. Cari Aplikasi WhatsApp dari Daftar Aplikasi

Cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android selanjutnya adalah mencari aplikasi WhatsApp dari daftar yang sudah ada. Jika memang data aplikasi WhatsApp belum terhapus sepenuhnya pasti akan muncul dalam daftar tersebut. Karena itu sangat disarankan untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp sesegera mungkin setelah terhapus dari smartphone.

Karena ada kemungkinan data aplikasi WhatsApp pada perangkat tidak sengaja terhapus. Jika datanya sudah tidak lengkap lagi. Maka aplikasi WhatsApp tidak akan bisa muncul pada daftar ini. Pengguna pun mau tidak mau harus melakukan download ulang.

5. Install Kembali Aplikasi WhatsApp

Jika aplikasi WhatsApp sudah ditemukan, pengguna tinggal mengkliknya. Kemudian akan ada pilihan ‘Install’ atau ‘Hapus’ pada tampilan aplikasi tersebut setelah diklik. Pastikan untuk memilih tombol berwarna hijau yang bertuliskan ‘Install’.

Maka aplikasi WhatsApp akan dipasang kembali pada smartphone pengguna. Karena belum lama dihapus dan dipasang ulang, ketika membuka aplikasi WhatsApp pengguna tidak perlu memulihkan data apapun. Karena tampilannya akan sama seperti sebelum dihapus.

Itulah cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android tanpa perlu mendownload ulang. Ketidaksengajaan menghapus aplikasi WhatsApp pasti pernah terjadi pada siapapun dan kapanpun. Namun sekarang tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena aplikasi WhatsApp bisa dipulihkan dengan mudah.

Bahkan pengguna tidak perlu mengeluarkan lagi kuota tambahan untuk mendownload kembali aplikasi. Bahkan tidak perlu melakukan proses back up data-data yang ada bisa kembali lagi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus di Android Tanpa Download Lagi"