Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki File Corrupt Di Android Paling Mudah dan Penyebabnya

Mengirimkan dan menerima file memang menjadi rutinitas bagi beberapa orang yang terjun dalam dunia kepenulisan atau pendidikan. Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh para developer aplikasi untuk membantu aktivitas ini. Sayangnya, file dapat corrupt atau tidak dapat dibuka, tetapi ternyata ada cara memperbaiki file corrupt di Android yang dapat dicoba.

cara memperbaiki file corrupt di android

Kali ini, bagi yang belum tahu tentang penyebab dan cara memperbaiki sebuah file yang corrupt, maka akan mengetahui bagaimana cara menanganinya yang mungkin akan berguna, ketika sedang dikejar deadline atau batas waktu.

Selain itu, juga perlu mengetahui juga apa saja yang dapat menyebabkan file menjadi corrupt dan tidak bisa dibuka. Untuk itu, ketahui penyebab dan cara memperbaiki file corrupt di Android yang dijelaskan sebagai berikut:

Penyebab File Corrupt

Sebelum melangkah lebih jauh untuk menangani file yang corrupt, seseorang justru harus menyadari hal apa saja yang dapat menyebabkan file tidak bisa dibuka. Beberapa hal yang dianggap sepele mungkin dapat menjadi penyebab file corrupt. Nah, di bawah ini akan disampaikan apa saja penyebab file menjadi corrupt sebagai berikut:

1. Disebabkan oleh Jaringan Internet

Kemungkinan besar yang terjadi ketika pengguna mulai mengunduh suatu file atau dokumen tidak sampai tuntas merupakan penyebab file corrupt. Kestabilan jaringan internet juga dapat mempengaruhi hal tersebut, meskipun file berhasil diunduh hingga selesai. Biasanya hal ini lebih rentan pada file dokumen yang memiliki format doc, pdf, ppt, docx, xlsx, dan sebagainya karena berisi tulisan.

2. File Terkena Virus

Penyebab satu ini mungkin tidak akan bisa ditebak kehadirannya karena memang virus seringkali tidak terlihat pada ponsel. File yang terkena virus akan menjadi corrupt dan tidak bisa dibuka sehingga akan menyulitkan pembacanya. Selain itu, virus pada ponsel juga akan mempengaruhi kinerja smartphone dan aplikasi yang bertugas untuk membuka file.

Baca JugaCara Ganti Background Google Meet di Laptop Anti Gagal

Begini Upaya Penanganan File Corrupt di Android

Setelah mengetahui penyebabnya, lanjut ke cara memperbaiki file corrupt di Android yang dapat dilakukan oleh pembaca. Sebenarnya cara penanganan ini dapat berfungsi, tetapi mungkin tidak seluruhnya dapat bekerja pada setiap ponsel. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak saja bagaimana cara menangani dan mengembalikan file corrupt melalui Android dalam beberapa langkah, yaitu:

1. Mengubah Format Dokumen atau File

Pilihan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah format file yang ada, tetapi pembaca juga harus tetap waspada karena ada kemungkinan file tidak akan kembali. Pada beberapa smartphone cara ini berhasil apabila pengguna mengetahui format yang seharusnya. Caranya hanya dengan memilih rename atau mengubah nama file kemudian sesuaikan format yang diinginkan.

Ketika file berhasil dibuka dan memuat informasi yang sesuai dan dibutuhkan, maka perubahan berhasil dilakukan. Akan tetapi, mungkin juga pembaca akan menemukan file corrupt tidak berubah meskipun sudah melakukan langkah tersebut. 

2. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Saran menangani file yang corrupt selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan, kini banyak aplikasi yang mengizinkan penggunanya melakukan unduhan secara gratis. Banyak pilihan yang dapat pembaca pilih dan menghadirkan fiturnya secara gratis di Play Store. Beberapa contohnya adalah Tera Box, File Master, dan sebagainya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Setelah mengetahui penyebab dan cara memperbaiki file corrupt di Android, kini semua orang dapat mencegah sekaligus mencoba cara yang diberikan jika terjadi hal tersebut. Sedikit saran untuk pemilik smartphone usahakan unduh aplikasi dari tempat yang dipercaya. Pasalnya beberapa tempat dapat mengirimkan virus pada ponsel yang akan mempengaruhi kinerja dan penyimpanannya.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki File Corrupt Di Android Paling Mudah dan Penyebabnya"