Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Sistem Android Error Dengan Mudah

Sistem UI error memang sering dialami para pengguna Android. Kejadiannya juga tak mengenal waktu dan kondisi. Tetapi kerap kali terjadi ketika para pengguna Android melakukan upgrade pada sistem android mereka. Ini terjadi karena beberapa sistem android dan aplikasi mengalami ketidaksesuaian. Pada akhirnya sistem android mengalami error, ditandai dengan pesan ‘Sayangnya, Sistem UI Telah Berhenti’.

Memperbaiki Sistem Android

Bagi anda yang mengalami hal demikian, yang harus anda ketahui terlebih dahulu adalah sumber utama yang menyebabkan rusaknya sistem. Kemudian jika sudah diketahui penyebab utamanya, anda akan mudah dalam menangani dan menerapkan cara yang akan kami berikan berikut ini.

Cara Mengatasi Sistem Android Error

Proses memperbaiki sistem android error pada sistem android harus melalui beberapa langkah atau tahapan. Tetapi dapat diakali atau diatasi tanpa menjalani proses restore ulang, karena akan memakan banyak waktu. Berikut ini kami akan memberikan cara yang bisa anda coba dalam memperbaiki sistem android error.

Update Firmware

Firmware (ROM) merupakan suatu sistem dari pengembang Smartphone yang ditanam pada sistem Android. Pada umumnya pengembang akan selalu memberikan update terbaru.

Sama halnya dengan aplikasi android, firmware akan melakukan update otomatis jika kamu mensetting update otomatis. Fungsi dari firmware adalah meminimalisir bug serta menutup sistem keamanan pada ROM.

Tak hanya itu, kadang kala firmware versi terbaru berisi tentang cara optimasi sistem pada smartphone, supaya smartphone kalian dapat beroperasi dengan lebih optimal. Kemudian untuk menanggulangi launcher yang kerap forced closed, cara ini mungkin bisa mengatasinya.

Seringkali pada saat proses update, beberapa aplikasi lainya juga melakukan hal sama. Pada opsi pengaturan kamu juga dapat melakukan update secara manual. Bisa juga kamu lakukan menggunakan PC, bergantung pada PC Suite yang kalian pakai. Atau kamu bisa membawanya ke service centre resmi terdekat.

Baca Juga: Fitur Unggulan Android 11 dan Kelebihannya

Restart Smartphone Android

Langkah ini merupakan langkah paling mudah yang dapat anda lakukan serta bisa langsung dipraktekkan saat sistem android anda error. Meskipun merestart atau me reboot memang memiliki efek yang lumayan beresiko. Dikarenakan merestart smartphone akan mengurangi kelebihan proses pada RAM yang anda pergunakan. Serupa dengan reboot system UI android seperti awal.

Setelah proses restart selesai Android akan berjalan normal dan lancar saat digunakan. Sebab semua aplikasi yang terhenti sekarang sudah dioptimalkan. Untuk kapasitas RAM juga berjalan lebih optimal karena aplikasi yang tidak penting sudah tertutup.

Melakukan Factory Reset Android

Bila cara-cara diatas belum berhasil, mungkin kamu harus menggunakan cara selanjutnya. Resiko dari cara ini sangat signifikan yaitu hilangnya data-data pada ponsel anda, dikarenakan smartphone di setting kembali dari awal. Untuk mengatasinya anda sebaiknya melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melanjutkan nya.

Caranya sebagai berikut :

Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Lanjut pilih Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Tap “Reset Ulang Telepon”.

Cara ini sedikit berbeda pada tiap-tiap ponsel. Dikarenakan posisi factory reset tiap smartphone berbeda. Maka kamu harus tahu letak perbedaanya pada tiap-tiap smartphone.

Sebetulnya aplikasi untuk memperbaiki sistem android yang error sangat banyak. Namun, kebanyakan perlu akses sistem root user supaya lebih lancar dalam melakukanya.

Itulah beberapa tips memperbaiki sistem android error pada smartphone. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengatasi sistem android error alangkah mudahnya jika kalian langsung mendatangi service center agar smartphone kamu bisa langsung ditangani oleh teknisinya.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Sistem Android Error Dengan Mudah"