Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Data Terhapus di Android

Dokumen atau file yang tersimpan di handphone anda biasanya merupakan file-file penting atau dokumentasi dari beberapa momen penting anda. Apabila file itu hilang atau terhapus pasti anda sangat merasa sedih dan kehilangan serta anda akan melakukan beberapa cara mengembalikan data agar file yang hilang atau terhapus itu dapat anda miliki kembali.

Cara Mengembalikan Data

Cara mengembalikan data paling mudah adalah dengan memanfaatkan aplikasi atau tools yang dapat mengembalikan file-file anda yang sebelumnya sudah terhapus atau pun hilang. Bagaimanakah caranya ?

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi untuk anda mengenai bagaimana cara mengembalikan data terhapus pada smartphone android tanpa harus melakukan root pada smartphone anda. Kali ini kami akan berbagi tata cara mengembalikan file terhapus pada smartphone anda. Berikut adalah cara mengembalikan file yang terhapus di Android.

Gunakan Google Drive

Cara mengembalikan data yang pertama tergolong cara yang paling mudah dan praktis untuk anda gunakan. Dalam hal penyimpanan data Google sudah menyiapkan Google Drive untuk para penggunanya. Google Drive mampu menyimpan berbagai macam data dengan kapasitas yang besar dan aman tentunya.

Jika ada data yang terhapus pada Google Drive anda tak perlu khawatir. Untuk menemukan data yang terhapus anda tinggal membuka bagian trash pada menu utama Google Drive. Karena semua data yang telah anda hapus akan tersimpan disana serta bisa dipulihkan atau dikembalikan pada folder sebelumnya.

Menariknya, untuk mengakses Google Drive juga bisa melalui handphone atau smartphone anda. Jauh berbeda dengan Google Photos, pemakaian Google Drive tidak dibatasi dalam jangka waktu tertentu. Hal ini berarti data-data didalamnya akan aman sampai kapanpun dan juga dapat diakses kapan saja.

Penggunaannya sangat mudah, anda hanya tinggal membuka mesin pencari atau browser kemudian tuliskan Google Drive, lalu anda tinggal login kemudian sesuaikan dengan akun google anda. Pada halaman Google Drive ada berbagai pilihan format data dan anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Sistem Android Error

Mengembalikan Data Game (MyApps)

Selain data foto atau vidio biasanya data game yang anda mainkan bisa juga tak sengaja terhapus. Anda tak perlu khawatir, karena cara mengembalikan data ini pun cukup mudah. Anda cukup masuk ke dalam Google Play pada smartphone anda.

Pada halaman Google Play anda tinggal mencari My Apps. Di dalam menu My Apps anda tinggal melakukan sinkronisasi kembali supaya data game yang terhapus dapat kembali. Akan tetapi cara ini kadang kala tidak bisa memberikan hasil yang maksimal.

Nah untuk meminimalisir resiko hilangnya data yang akan dipulihkan sebaiknya anda menyimpan data game anda di dalam Cloud Storage. Jika nanti game anda hilang, akan sangat mudah untuk mengembalikanya menggunakan Google Play.

Apabila anda melakukan uninstall secara permanen dapat dipastikan data keseluruhan game tersebut akan hilang secara permanen.

Menggunakan Aplikasi DiskDigger

Selanjutnya dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi DiskDigger yang bisa anda unduh pada Google Playstore secara gratis. Dengan menggunakan aplikasi ini anda akan sangat mudah untuk mengembalikan file, baik berkas penting, foto , maupun video.

Pada saat menggunakan aplikasi ini anda akan sangat mudah untuk mengembalikan data atau file yang telah terhapus. Anda bisa melakukanya dengan cara penyortiran berdasarkan ukuran file dan waktu. Keunggulan dari aplikasi ini adalah bisa melakukan pencarian data hilang pada eksternal memori dan internal memori. Aplikasi ini juga bisa digunakan tanpa anda harus melakukan root smartphone anda.

Mengembalikan Data Gambar dengan Google Photos

Pengguna Android tentu tidak asing dengan nama Google Photos. Aplikasi dari Google merupakan salah satu aplikasi yang mampu mengembalikan file foto yang telah terhapus pada smartphone atau Android anda.

Aplikasi ini mungkin salah satu aplikasi tercepat dari pada aplikasi lain dalam memulihkan atau mengembalikan data foto yang telah terhapus. Cara penggunaannya sangat mudah, anda hanya perlu membuka aplikasi Google Photos.

Setelah anda membuka aplikasi Google Photos, anda dapat membuka menu trash. Didalam menu ini anda bisa melihat semua file yang sudah anda hapus atau tidak sengaja terhapus. Anda hanya perlu menekan tombol panah yang berada di bagian samping trush. Kemudian tanpa harus menunggu lama file yang terhapus akan kembali ke data penyimpanan anda.

Demikian pembahasan tentang cara mengembalikan data yang terhapus pada smartphone anda. Silahkan anda coba sesuai dengan data apa yang ingin anda pulihkan kembali. Terima kasih dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Data Terhapus di Android"