Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Andorid Lemot dengan Mudah

Berbicara mengenai handphone berbasis Android, kita semua pasti tahu bahwa HP Android saat ini sudah dibekali spesifikasi mumpuni. Akan tetapi dengan spesifikasi yang tinggi tidak menutup kemungkinan HP Android mengalami kelambanan dalam sistem operasinya atau lebih dikenal dengan istilah lemot.

Cara Mengatasi HP Android Lemot

Cara Mengatasi HP Andorid Lemot

Ada banyak faktor yang menyebabkan HP Android mengalami kelambanan dalam operasinya. Bisa disebabkan karena terlalu banyak menginstal berbagai macam aplikasi dan juga bisa disebabkan oleh kapasitas RAM yang kurang memadai misalnya 4GB atau hanya 2 GB.

Cara mengatasi HP Android lemot pun beragam, dan mungkin anda juga pernah melakukan beberapa cara ini. Meskipun mungkin pernah anda lakukan dengan alasan atau keperluan lain, atau memang hal itu harus dilakukan secara bertahap atau berkala.

Berikut ini adalah cara mengatasi HP Android lemot yang telah kami rangkum untuk anda.

Melihat Kapasitas Memori HP Android

Kapasitas memori tiap smartphone berbeda-beda. Bukan hanya kapasitas RAM saja yang harus diperhatikan, jumlah memori internal smartphone juga dapat berpengaruh terhadap kinerja smartphone itu sendiri. Jika kapasitas memori internal hampir penuh pasti smartphone anda akan mengalami kelambatan kinerja.

Agar HP Android kamu bisa berjalan dengan lancar tentunya kamu harus bisa mengatur data yang kamu simpan agar memori internal tidak terlalu banyak dalam menyimpan data. Apabila kamu kerap menyimpan banyak data, sebaiknya kamu menggunakan smartphone dengan kapasitas memori internal yang besar.

Baca JugaCara Mengembalikan Data Terhapus di Android

Menggunakan Aplikasi Multi Fungsi

Anda lebih baik menggunakan satu aplikasi yang bisa digunakan untuk banyak hal daripada menggunakan aplikasi yang hanya fokus pada satu kebutuhan saja. Dengan menggunakan satu aplikasi multi fungsi tentu anda akan berhemat dalam penggunaan memori internal smartphone.

Ada banyak aplikasi multi fungsi yang bisa kamu dapatkan secara gratis pada Google Playstore atau Apps Store. Dalam hal in aplikasi Clean Master adalah salah satu contoh aplikasi multi fungsi yang dapat kamu dapatkan secara gratis di Google Playstore.

Cukup Satu Aplikasi Antivirus

Apabila kamu pengguna aplikasi antivirus pada Android, sebaiknya kamu harus memperhatikan betul. Aplikasi antivirus sistemnya hampir sama dengan aplikasi bawaan handphone. Karena aplikasi antivirus terus berjalan di latar belakang.

Hal ini membuat RAM menjadi boros karena banyak termakan oleh aplikasi ini dan tentunya kinerja smartphone kamu akan menjadi lebih lamban. Nah apabila kamu menggunakan aplikasi antivirus lebih dari satu tentunya akan sangat memakan RAM pada Android kamu.

Lebih baik kamu hanya menggunakan satu aplikasi antivirus karena aplikasi semacam ini sangat banyak memakan RAM handphone kamu. Jika dengan satu aplikasi antivirus kinerja Android kamu lamban, maka aplikasi tersebut dapat diuninstal saja karena tidak berpengaruh secara signifikan jika kamu tidak menggunakannya.

Update Software

Pastikan anda tidak pernah terlambat melakukan update software Android. Karena biasanya software baru pasti lebih baik daripada sebelumnya baik mengenai sistem dan lain sebagainya.

Meskipun pada kenyataannya beberapa software yang telah diupdate performanya justru kurang optimal. Akan tetapi tidak akan berjalan lama karena pihak pengembang pun akan segera mengatasi masalah tersebut.

Saran dari kami adalah anda harus selalu memeriksa update software di menu pengaturan pada opsi cek update software. Untuk aplikasi-aplikasi yang anda gunakan pun sama, anda juga harus selalu mengupdate nya jika sudah muncul notifikasi untuk mengupdate aplikasi anda. Bisa juga anda memeriksanya pada Google Playstore di opsi My Apps & Game.

Demikian beberapa tips tentang cara mengatasi HP Android lemot yang bisa anda lakukan. Namun, semuanya tergantung pada bagaimana kamu mengelola smartphone kamu dengan baik. Terima kasih dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Andorid Lemot dengan Mudah"