Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Lag Saat Bermain Game, Dijamin Lancar

Mengatasi Hp Lag Saat Bermain Game - Hari gini siapa sih yang tidak suka bermain game, entah itu game offline maupun online. Hampir semua kalangan dari yang muda sampai dewasa suka bermain game baik itu cowok maupun cewek. Apalagi kalau udah kumpul bareng temen mereka rela menghabiskan kuota dan waktu demi mendapatkan serunya sensasi bermain game, terutama pengguna Android.

Mengatasi HP Lag Saat Bermain Game

Momen yang paling diharapkan saat bermain game tentu saja ketika menang. Namun, bagaimana ketika kamu akan meraih kemenangan justru hp kamu malah nge-lag, error, atau nge-hang. Tentu sangat menyebalkan sekali. Nah oleh karena itu, kamu perlu mencari solusi agar kamu tetap nyaman saat bermain game kapanpun dan dimanapun.

Mengatasi HP Lag Saat Bermain Game di Hp Android

Entah mengapa ponsel Android sering kewalahan dengan masalah sensitivitas maupun stabilitas. Jadi, kamu perlu mencari solusi atau trik khusus supaya kinerja di hp Android kamu tetap lancar jaya saat bermain game. Oke, Berikut beberapa tipsnya:

1. Pastikan Jaringan Lancar

Banyak orang yang masih menyepelekan masalah yang satu ini. Padahal, meskipun spesifikasi hp kamu sudah kelas menengah ke atas atau flagship sekalipun jika koneksi internet yang kamu gunakan tidak lancar atau lemot tentu saja akan menghambat performa hp dalam bermain game online. Jadi, pastikan jaringan internet ataupun wifi yang kamu pakai memiliki kecepatan yang bagus, kamu boleh memakai jaringan dari provider manapun sekiranya itu yang terbaik di tempat kamu tinggal. Misalnya di tempat kamu yang internetnya lancar dari provider Telkomsel maka gunakanlah dari provider tersebut. Karena standar nilai Ping untuk bermain game adalah antara 30-90ms, ping semakin kecil dari 30ms lebih bagus, dan jika ping diatas 100ms maka game akan terasa ngelag atau patah-patah.

2. Uninstall aplikasi yang tidak perlu

Pilih aplikasi yang memang benar-benar ingin kamu gunakan. Silahkan uninstall beberapa aplikasi yang tidak penting di hp kamu. Karena setiap aplikasi yang terpasang di hp tentu saja memakan ruang penyimpanan, RAM, dan sebagian besar aplikasi juga berjalan di latar belakang.

3. Matikan layanan latar belakang

Layanan latar belakang tentu saja dapat memperlambat kecepatan smartphone Android. Aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya akan membuat sebagian besar pengolah sibuk saat berjalan di latar belakang. Aplikasi ini mengonsumsi RAM dan juga menguras baterai. Kamu juga bisa mematikan layanan latar belakang secara manual di aplikasi tertentu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul Tiba-tiba di Android

4. Perbarui sistem Android

Pastikan kamu selalu memperbarui pembaruan perangkat lunak terbaru di smartphone Android. Periksalah apakah ada pembaruan sistem untuk ponsel Androidmu. Karena setiap pembaruan sistem biasanya disertai dengan beberapa perbaikan bug yang memberikan stabilitas, kinerja tinggi, dan fitur-fitur baru untuk Android. Kamu bisa memeriksa Pembaruan Sistem atau perangkat lunak di bawah opsi About Phone pada perangkat hp Android kamu.

5. Aktifkan opsi pengembang di ponsel

Supaya kinerja ponsel Android kamu meningkat saat bermain game, kamu harus mengaktifkan opsi pengembang di ponsel Android. Caranya buka pengaturan perangkat Android, lalu pilih tentang telepon. Di situ kamu akan melihat nomor Build, ketuk sebanyak 7 kali di atasnya. Lalu scroll ke bawah, kemudian cari opsi Force 4x MSAA. Aktifkan opsi tersebut. Terakhir silahkan reboot ponselmu sebelum bermain game.

6. Bersihkan penyimpanan

Ruang penyimpanan yang hampir habis tentu saja bisa membuat ponsel Android kamu jadi lemot. Kamu bisa memeriksa file apa saja yang harus kamu hapus dengan membuka menu Pengaturan dan mengetuk Penyimpanan. Di menu tersebut kamu akan melihat pilihan Data dalam cache, Gambar dan Video, Audio, Aplikasi dan data aplikasi. Data yang di-cache berfungsi untuk mempercepat penggunaan umum dengan cara menyimpan bit data yang sering diakses sehingga tidak perlu diunduh berulang kali.

7. Matikan mode hemat daya

Mode hemat daya berfungsi membatasi kerja CPU dan mengurangi daya pemrosesan agar baterai lebih tahan lama. Tetapi, ini bisa menjadi masalah ketika kamu akan bermain game yang membutuhkan banyak pemrosesan. Dengan menonaktifkan mode hemat daya akan membuat ponselmu berjalan dengan optimal. Cara ini juga dapat mengalokasikan semua sumber daya ke game sehingga kinerja game lebih maksimal.

Itulah ulasan mengenai cara mengatasi hp lag saat bermain game. Ingat, bermain game boleh tapi secukupnya saja ya. Apabila terdapat pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Lag Saat Bermain Game, Dijamin Lancar"