Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Ilmu Hukum Untuk Kamu Yang Baru Lulus Kuliah

Prospek kerja ilmu hukum, rasanya tak perlu dipertanyakan lagi. Pasalnya, para calon mahasiswa serta alumninya pun mungkin sudah tidak bingung mengenai pekerjaan yang harus diambil setelah menyelesaikan pendidikan. Karena, ada banyak sekali peluang kerja bahwa di luar dari bidangnya.

Prospek Kerja Ilmu Hukum Dengan Gaji Besar

Program studi ilmu hukum merupakan sebuah jurusan yang memungkinkan mahasiswanya mempelajari tentang hukum baik secara teori ataupun prakteknya. Peran dari keilmuan ini adalah untuk mengatur tindakan agar tetap sesuai dengan norma ketentuan. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Ilmu Hukum
Ilustrasi kerja ilmu hukum (pexels.com)

1. Jaksa atau Hakim

Peluang pekerjaan pertama yang mungkin bisa Anda targetnya setelah lulus kuliah adalah menjadi hakim dan jaksa. Profesi tersebut merupakan sebuah cita-cita bagi kebanyakan pelajarnya karena mampu menjamin karir yang cemerlang serta berpenghasilan sangat tinggi, umumnya.

Namun, untuk menjadi seorang hakim ataupun jasa, Anda harus melewati perjalanan yang cukup sulit. Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi sangatlah wajib agar mampu memenuhi spesifikasi kedua pekerjaan tersebut. Walaupun begitu, hasilnya akan sebanding dengan apa yang diperjuangkan.

2. Konsultan Hukum

Seorang konsultan hukum pada dasarnya bisa bekerja dalam sektor apa saja. Hal tersebut dikarenakan, banyak hal yang sangat membutuhkan arahan mengenai langkah-langkah hukum agar tidak salah mengambil jalan. Oleh sebab itu, sosok dari profesi satu begitu dibutuhkan orang-orang.

Tugas dari seorang konsultan hukum adalah memberikan saran atau masukan terhadap pihak terkait mengenai ketentuan hukum serta langkah-langkah yang benarnya. Selain itu, profesi ini dituntut untuk mampu mengatasi berbagai macam masalah serta menjadi sebuah solusi dari berbagai sektor.

3. Pengacara

Prospek kerja ilmu hukum dengan gaji besar adalah menjadi seorang pengacara profesional. Profesi satu ini mungkin sudah tidak asing lagi terdengar, apalagi bagi para mahasiswa dan alumni program studi ilmu hukum. Pasalnya, berprofesi sebagai pengacara merupakan daftar umum dari cita-cita.

Menjadi seorang pengacara tidaklah mudah, paham akan dasar hukum serta banyak hal lainnya merupakan syarat utama dari pekerjaan ini. Selain itu, tugasnya tak begitu berbeda dengan seorang konsultan hanya saja sebagai pengacara dituntut untuk bisa menyelesaikan sebuah kasus secara adil.

4. Tenaga Pengajar

Apabila beberapa peluang pekerjaan diatas tidak membuat Anda begitu tertarik, mungkin menjadi bagian dari dunia pendidikan bisa menjadi pilihan lainnya. Lulusan ilmu hukum tak hanya selalu berbicara mengenai perusahaan ataupun instansi tapi juga menjadi seorang tenaga pengajar.

Menjadi seorang dosen sangat mungkin Anda ambil sebagai lulusan dari program studi ilmu hukum. Namun, sebelum benar-benar memulainya, Anda harus melanjutkan pendidikan terlebih dahulu ke jenjang lebih tinggi. Pasalnya, hal tersebut sudah menjadi syarat utama menjadi seorang dosen.

5. Diplomat Luar Negeri

Mungkin Anda berpikir profesi yang satu ini hanya dikhususkan untuk para lulusan jurusan hubungan internasional. Menjadi diplomat luar negeri, bisa didapatkan juga oleh para alumni dari program studi ilmu hukum bahkan peluang terbuka cukup lebar agar bisa menjadi bagian pekerjaan tersebut.

Tugas dari profesi adalah menyesuaikan dengan fokus keilmuan Anda yaitu mengatur berbagai hukum yang berkaitan dengan keperluan tertentu. Anda dituntut untuk mampu mengurus segala hal agar keamanan di luar negeri tetap terjaga dan sesuai ketentuan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja ilmu hukum. Mengenai program studi yang satu ini Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang peluang pekerjaannya. Cukup maksimalkan waktu selama duduk dibangku kuliah dan memanfaatkannya sebaik-baiknya agar mampu bersaing setelah lulus.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Ilmu Hukum Untuk Kamu Yang Baru Lulus Kuliah"