Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Kehutanan Yang Berpeluang Cerah Di Masa Depan

Indonesia, merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam sangat melimpah, tak terkecuali pada hutannya. Hal tersebut membuat prospek kerja kehutanan memiliki peluang cukup terbuka lebar karena ada banyak industri ataupun perusahaan serta instansi yang berfokus pada pengelolaan hutan.

Prospek Kerja Kehutanan Berdasarkan Lembaganya

Ilmu kehutanan merupakan sebuah program studi yang mempelajari tentang semua aspek hutan seperti fisiologi, ekologi, satwa, ilmu tanah hingga pengelolaan serta manajemennya. Selain itu, jurusan ini juga dibekali tentang bagaimana cara melestarikan hutan. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Kehutanan

1. Lembaga Konservasi Sumber Daya Hutan

Peluang kerja pertama yang dapat Anda ambil setelah menyelesaikan pendidikan dari jurusan kehutanan adalah menjadi bagian dari lembaga konservasi sumber daya hutan. Tentu saja pekerjaan ini sangat cocok untuk para alumni program studi kehutanan, sebab semua ilmunya telah dipelajari.
Tugas utama dari lembaga ini adalah memberikan perlindungan serta melakukan pelestarian terhadap hutan. Selain itu, Anda juga akan dituntut untuk mampu mengelola sumber daya hutan secara efisien agar bisa dimanfaatkan oleh orang banyak. Namun, terlepas dari itu sangat dilarang untuk merusaknya.

2. Lembaga Teknologi Hasil Hutan

Lembaga teknologi hasil hutan merupakan salah satu pekerjaan yang sangat dekat dengan alumni program studi kehutanan. Pasalnya, selama menempuh pendidikan kuliah, mahasiswanya tidak hanya diajarkan bagaimana menjaga, merawat dan mengamankan hutan tapi juga tentang pemanfaatannya.
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa ada banyak kekayaan yang terdapat di dalam hutan. Oleh sebab itu, lembaga ini menjadi sangat cocok untuk Anda ketika telah menyelesaikan pendidikan. Selain itu. Tugasnya adalah memanfaatkan semua sumber daya hutan agar bisa dikelola menjadi suatu hal yang memiliki nilai kegunaan dan membantu kebutuhan hidup. Kemudian, langkah berikutnya yaitu kembali melakukan penghijauan atau penanaman pohon agar kondisi hutan tetap utuh terjaga.

3. Lembaga Budidaya Hutan

Prospek kerja kehutanan berikutnya adalah menjadi bagian dari budidaya hutan. Tak begitu berbeda dengan yaitu menjaga dan merawat keutuhan hutan. Mengingat bahwa hutan adalah paru-paru dunia sehingga harus dirawat secara baik dan benar agar mampu menghasilkan sumber daya hutan baru.
Anda bisa masuk dan menjadi bagian  kementerian kehutanan untuk dapat kesempatan merawat serta melindungi hutan. Oleh sebab itu, pekerjaan ini juga dianggap sangat mulia karena secara tidak langsung menyelamatkan kehidupan bumi dengan melindungi hutan agar tetap terjaga. Kemudian, pengelolaan terhadap manfaat hutan juga bisa diperhitungkan agar berguna bagi kehidupan.

4. Lembaga Manajemen Hutan

Lembaga manajemen kehutanan pada dasarnya bergerak dalam bidang pemetaan pada hutan. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui dan mencatat lokasi, agar nantinya bisa menjadi patokan ketika melakukan penelusuran demi berbagai macam kepentingan, termasuk penelitian dan perawatan.
Untuk menjadi bagian dari lembaga manajemen hutan Anda tidak perlu khawatir mengenai spesifikasi sosok yang dibutuhkan. Pasalnya, sebagai alumni dari program studi kehutanan setidaknya telah dibekali sebuah ilmu penataan hutan.

5. Lembaga Birokrat

Mengenai lembaga birokrat, salah satu profesi yang mungkin bisa Anda geluti adalah menjadi pegawai negeri sipil. Profesi tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga terutama para mahasiswa yang baru saja menyelesaikan pendidikan kuliahnya.
Menjadi pegawai negeri sipil merupakan salah satu target dari mahasiswa kehutanan. Pasalnya, profesi tersebut sangat menjanjikan dalam hal finansial dan lainnya. Beruntungnya, Anda memiliki kesempatan itu dengan cara masuk ke salah satu instansi pemerintah.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja kehutanan. Pada dasarnya, program studi ini sangat cocok untuk Anda yang suka berpetualang serta mengeksplorasi tentang keindahan alam, terutama hutan, satwa hingga lanskap gunung dan masih banyak lagi lainnya.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Kehutanan Yang Berpeluang Cerah Di Masa Depan"