Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Prospek Kerja Agribisnis yang Cukup Menggiurkan

Prospek kerja agribisnis pada masa sekarang juga sebenarnya juga cukup banyak. Jurusan agribisnis ini melakukan kajian mengenai upaya manusia untuk melakukan pengembangan sumber daya alam dan lingkungan. Yaitu supaya lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Beberapa Rangkaian Prospek Kerja Agribisnis 

Kuliah di jurusan yang satu ini menggunakan banyak pendekatan biologis. Contohnya teknik pengembangan budidaya, jenis tanaman dan ternak, penelitian terhadap mikroorganisme dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa prospek kerja yang menjanjikan untuk Anda.

prospek kerja agribisnis
Ilustrasion by:Pexels

1.  Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pegawai negeri sipil adalah salah satu dari bagian aparatur sipil negara disingkat ASN. Mereka diangkat dengan tetap dan mempunyai hak untuk memperoleh jabatan dalam satuan tugasnya itu. Umumnya PNS berfokus pada pegawai pemerintah yang bekerja atas koordinasi pusat.

Seorang PNS juga bisa memberikan perencanaan mengenai kebijakan politik. Selain itu, PNS juga harus mau untuk menjalankan dan menggunakan kebijakan itu untuk kepentingan rakyatnya. Untuk bisa menjadi seorang PNS, seseorang harus melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksi CPNS.

2.  Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNS Daerah)

PNS daerah merupakan pegawai yang diberikan tugas di kantor pemerintahan daerah yang sama tingkatnya dengan provinsi, kota, kabupaten ataupun desa. Tugasnya juga hampir sama dengan PNS yang mempunyai tugas di pusat.

Seorang PNS daerah harus mampu untuk melakukan pemecahan terhadap masalah-masalah. Salah satunya untuk bisa memulihkan industri daerah dan juga memperbaiki pendidikan dan kesejahteraan daerah itu dengan baik.

3.  Account Officer

Seorang account officer memiliki tanggung jawab mengenai usaha penyimpanan dan juga penyaluran terhadap dana milik masyarakat kepada orang lain yang lebih membutuhkannya. Pegawai bank juga memberikan jasa untuk menukarkan uang.

Contohnya seperti wesel dan juga transfer uang, termasuk juga investasi uang contohnya obligasi dan dana investasi. Dalam berbagai bidang usaha, tentu diperlukan pengetahuan mengenai keuangan dengan baik agar bisa melakukan pengelolaan uang dengan bijak.

4.  Petani

Petani menjadi sebuah pekerjaan yang bergerak dalam sektor pertanian. Mereka melakukan pengelolaan terhadap tanah milik mereka dengan aktivitas penanaman tanaman, seperti padi, buah, sayur, bunga atau juga yang lainnya.

Hasil panen nantinya akan dipergunakan untuk melakukan pemenuhan terhadap kebutuhan sehari-hari petani dan keluarganya. Pekerja yang profesional akan mengusahakan membuat pengembangan dengan banyak teknik-teknik pertanian agar bisa memberikan peningkatan produk yang lebih tinggi.

5.  Entrepreneur

Wirausaha atau entrepreneur adalah sebuah usaha prospek kerja agribisnis untuk meningkatkan sumber daya materi, pikiran dan keahlian seseorang. Termasuk juga waktunya agar bisa memberikan peningkatan keuntungan pada hasil penjualan produk-produk tersebut.

Usaha bisa saja mengalami perkembangan, dari yang diawali dengan usaha sendirian, seiring berjalannya waktu Anda bisa membuka lapangan kerja dengan mempekerjakan orang lain. Dengan begitu, akan dapat tercipta lowongan kerja untuk mereka yang sedang mencarinya.

6.  Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC)

Quality assurance memiliki peran untuk memberikan jaminan terhadap kualitas, sedangkan quality control melakukan pengendalian terhadap kualitas produk hasil perusahaan tersebut. QA memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa produk itu memenuhi standar kualitas pasar.

QC memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan terhadap produk sebelum, selama dan sesudah proses produksi dilakukan. Agar dapat tercapai standar kualitas terbaik yang diinginkan oleh sebuah pasar dan masyarakat.

Demikian pembahasan mengenai prospek kerja agribisnis. Bagi Anda yang tertarik dengan penjelasan ini atau mungkin sedang menjalani studi ini, mungkin beberapa informasi di atas bisa semakin meningkatkan semangat dalam belajar disiplin ilmu ini. Sekian dan semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Prospek Kerja Agribisnis yang Cukup Menggiurkan"