Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Teknik Metalurgi , Jarang Orang Tahu Namun Sangat Dibutuhkan

Prospek kerja teknik metalurgi memungkinkan Anda untuk bisa bekerja di industri sains karena kemampuannya dalam mengelola mineral dan logam. Hal itu jugalah yang membuat peluang pekerjaannya menjadi sangat terbuka, mengingat SDA tersebut harus dikelola oleh orang yang tepat.

Prospek Kerja Teknik Metalurgi yang Menjanjikan

Program studi teknik metalurgi adalah sebuah jurusan yang mempelajari mengenai semua sifat kimia yang terdapat di dalam logam serta dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan kehidupan  sehari-hari. Oleh sebab itu, para alumninya memiliki peluang kerja yang cukup bagus dan berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Teknik Metalurgi

1. Mineralogi

Berprofesi sebagai ahli Mineralogi secara tidak langsung Anda untuk mempelajari tentang mineral yang merupakan menjadi bagian dari  zat padat bersifat alami. Mulai dari dalam sifat kimia , bentuk, struktur kristal. Selain itu, profesi ini bertugas mengumpulkan informasi guna  katalog serta pengujian  ilmiah. 

Seorang yang bekeraja sebagai mineralogi juga akan diberikan tugas cukup penting yaitu mendokumentasikan serta mencatat hasil dari temuan. Mulai  pada proses laporan yang tertulis hingga menyajikan berbagai macam  informasi kepada anggota ataupun pihak yang memiliki kepentingan.

2. Ahli Kimia 

Bekerja sebagai ahli kimia menuntut Anda harus memiliki kemampuan dalam menerapkan prinsip  biologi, kimia, matematika serta fisika. Semua keahlian tersebut dipakai untuk menyelesaikan berbagai macam tugas dan  masalah yang ada keterkaitannya dengan produksi atau penggunaan bahan kimia.

Profesi ini juga memiliki fokus pada  bidang tertentu, seperti reaksi oksigen melalui bahan kimia serta proses  pembuatan resin dan plastik. Selain itu, seorang ahli kimia   bekerja di industri  produksi energi, makanan, pakaian, kertas hingga makanan sehingga Anda  harus paham akan ilmu  manufaktur. 

3. Ahli  Material

Prospek kerja teknik metalurgi berikutnya adalah menjadi ahli material. Tugas dari pekerjaan ini ialah memiliki tanggung jawab terhadap semua kegiatan yang berkaitan pada berbagai macam material atau suatu bahan. Proses tersebut bertujuan guna menciptakan bahan terbaru untuk kepentingan  teknologi.

Dikarenakan banyaknya industri serta perusahan yang membutuhuhkam material untuk membantu berbagai proses dan produk, profesi ini bisa Anda  temukan di beragam sektor. Menjadi seorang ahli Material akan membuat para pekerja memiliki kesempatan masuk dan bekerja di bidang manufaktur.

4. Ahli  Pertambangan

Peluang kerja selanjutnya adalah berprofesi sebagai ahli pertambangan. Walaupun pada dasarnya pekerjaan ini diisi oleh alumni geologi, tapi sebagai lulus prodi teknik metalurgi membuat Anda memiliki kesempatan untuk menjadi bagian sektor tambang . Hal itu dikarenakan semua ilmunya tidak berbeda.

Pekerjaan ini memiliki tugas yaitu bertanggung jawab terhadap semua kegiatan serta operasi penambangan agar tetap aman, efektik serta efisien dan menguntungkan. Seorang ahli  Pertambangan berperan guna menilai kelayakan produksi  sampai  produktivitas potensial lokasi tambang.

5. Ahli Metalurgi Ekstraksi

Pekerjaan pertama yang sangat dekat dengan lulusan program studi Teknik Metalurgi ialah menjadi seorang Ahli Metalurgi Ekstraksi. Pekerjaan ini membuat Anda terlibat dalam sebuah proyek pemulihan mineral  atau logam bermanfaat seperti emas, batu bara, berlian, besi hingga tembaga dari badan bijih.

Selain itu, Ahli Metalurgi Ekstraksi bertugas membuat sebuah perancangan kerja agar pekerjaan tersebut menjadi lebih ekonomis. Oleh sebab itu, profesi ini sangat dibutuhkan karena memiliki keahlian dalam  mengekstrak mineral bijih sebanyak mungkin namun mampu menekan biaya pengeluarannya.. 

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik metalurgi. Seperti yang diketahui, sumber alam yang ada di Indonesia khususnya masih butuh pengelolaan oleh orang-orang dengan berpengalaman. Oleh sebab itu, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari proyek tersebut.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Teknik Metalurgi , Jarang Orang Tahu Namun Sangat Dibutuhkan"