Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Manajemen Pemasaran Yang Selalu Bersinar

Prospek kerja manajemen pemasaran pada dasarnya memiliki peluang yang sangat lebar di berbagai industri. Pasalnya, bidang ini merupakan salah satu divisi penting di berbagai perusahaan terutama mengenai promosi suatu produk agar mampu mencapai tujuan pasar serta target penjualannya.

Prospek Kerja Manajemen Pemasaran yang Banyak Diminati

Program studi manajemen pemasaran merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang sebuah perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengelolaan,  hingga evaluasi. Fokus utamanya adalah sebuah penjualan jasa ataupun barang pada sebuah industri. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Manajemen Pemasaran

1. Sales Representative

Ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, baik pada sektor jasa ataupun barang dan membutuhkan sosok sales representative di dalamnya. Tugas utama dari posisi tersebut adalah menjadi wakil sebuah perusahaan dalam hal penjualan produk agar mampu mencapai target awal.

Posisi sangat penting dalam perusahaan karena berpengaruh terhadap keberhasilannya. Selain itu, seorang sales representative dituntut untuk mampu melakukan pendekatan hingga membangun sebuah komunikasi kepada konsumen agar mau membeli produk serta memperluas segmen pasarnya.

2. Digital Marketing Staff

Posisi digital Marketing staff merupakan salah satu divisi yang paling dicari karena sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan di berbagai sektor. Pasalnya, kini para masyarakat atau konsumen telah beralih dari konvensional ke digital dalam melakukan hal apapun termasuk berbelanja dan transaksi.

Oleh sebab itu, secara tidak langsung perusahaan ingin menjaga serta mengambil konsumen yang aktif dalam menggunakan internet melalui sosok digital Marketing staff. Pada posisi ini, Anda akan dituntut untuk memahami digitalisasi dan pengaplikasian strategi yang relevan agar mampu diterima.

3. Sales Manager

Prospek kerja manajemen pemasaran berikutnya adalah menjadi Sales Manager. Pada posisi ini memiliki tugas yang hampir sama dengan sales representative yaitu merek angin sebuah komunikasi terhadap konsumen agar mau membeli produk serta membuat strategi guna menggaet segmen baru.

Namun, pada posisi sales Manager memiliki ruang lingkup pekerjaan yang lebih luas dibandingkan dengan sales representative. Pasalnya, tugas lain dari pekerjaan ini adalah bertanggung jawab atas semua kegiatan penjualan. Mulai dari pencapaian target hingga tumbuhnya dan berkembangnya pasar.

4. Advertising (Periklanan)

Terjun ke dunia advertising atau periklanan sangat mungkin dilakukan bagi para lulusan program studi manajemen pemasaran. Hal tersebut dikarenakan, semua ilmu yang telah didapatkan selama menempuh pendidikan kuliah sangat diandalkan dalam menjalani tugas dari pekerjaan satu ini.

Secara umum, tugas dari Manajer periklanan adalah membuat perencanaan serta mengatur segala hal yang berkaitan dengan kampanye atau iklan sebuah produk. Mulai dari melakukan negosiasi bersama klien, riset tren pasar hingga brainstorm atau mencari ide pembuatan agar menjadi relevan.

5. Marketing Research Analyst

Marketing research analyst merupakan salah satu bagian dari divisi Marketing pada sebuah perusahaan yang memiliki tugas yaitu melakukan riset terhadap pasar. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar mengetahui tren apa yang sedang terjadi sehingga bisa diterapkan ke dalam strategi.

Selain melakukan riset terhadap pasar secara luas, seorang Marketing research analyst juga mengelola semua masukan dan bertanya mengenai kepuasan konsumen. Dengan begitu, perusahaan akan berusaha untuk memperbaiki strategi serta pelayanan hingga kualitas pada produk atau jasanya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja manajemen pemasaran. Dalam bidang Anda akan dituntut untuk mampu berpikir secara kreatif serta update terhadap tren. Hal tersebut dikarenakan, agar bisa diaplikasikan pada strategi Marketing yang Anda buat nantinya.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Manajemen Pemasaran Yang Selalu Bersinar"