Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Teknik Komputer Yang Sangat Dibutuhkan Di Masa Kini

Di era seperti saat ini dimana perkembangan teknologi semakin berkembang pesat membuat prospek kerja teknik komputer menjadi semakin terbuka lebar. Pasalnya, kebutuhan akan tenaga ahli di bidang tersebut sangat dibutuhkan guna memenuhi kepentingan industri terutama mengenai digitalisasi.

Prospek Kerja Teknik Komputer dengan Gaji Tinggi

Dengan terus berkembang era internet of things, membuat ide-ide kreatif dalam pemanfaatan komputer menjadi sangat menarik. Tak hanya sekedar berkomunikasi, berbagai perusahaan saat ini berlomba-lomba dalam menciptakan perangkat lunak hingga aplikasi agar mampu bersaing di pasar global. Berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Teknik Komputer
Ilustrasion by:Pexels

1. FSD atau Full Stack Developer

Prospek kerja yang mungkin digeluti oleh para alumni program studi teknik informatika adalah FSD atau Full Stack Developer. Tugas utama dari profesi adalah bertanggung jawab atas semua hal pengembangan yang sedang dikerjakan dalam proyek. Mulai dari database, server hingga engineering.

Sosok yang bisa masuk ke dalam divisi ini tidak hanya sekedar lulusan dari program studi teknik informatika saja, melainkan seseorang yang cukup berpengalaman. Pasalnya, Full Stack Developer sangat membutuhkan seseorang dengan cara berpikir kreatif, tingginya rasa ingin tahu serta gigih.

2. FED atau Front End Developer

FED atau Front End Developer memiliki tugas yaitu mengerjakan sebuah program yang dilihat atau diawasi secara langsung oleh penggunanya. Agar bisa mengambil pekerjaan tersebut., Anda dituntut untuk memahami beberapa ilmunya terlebih dahulu seperti HTML, pemrograman JavaScript dan CSS.

Selain itu, seorang programmer atau front End developer juga harus memiliki kemampuan dalam memahami mengenai berbagai macam Framework seperti Vue, Angular, React, CSS preprocessor dan masih banyak lagi. Kemudian, Anda juga diminta untuk mahir dalam desain hingga menguji aplikasi.

3. BED atau Back End Developer

Prospek kerja teknik komputer berikutnya adalah menjadi seorang BED atau Back End Developer. Hampir sama dengan FED, bedanya adalah programmer ini bekerja dibelakang layar serta harus memahami semua hal yang berkaitan dengan program seperti HTML, CSS hingga JavaScript.

Tugas lain dari seorang BED atau Back End Developer adalah mengawasi dan menangani pada bagian data yang ada di sebuah website, termasuk database serta server. Selain itu, profesi ini juga bertanggung jawab atas proses kegiatan hingga  perancangan pada suatu sistem dan juga API.

4. Android dan iOS Developer

Menjadi android developer mungkin salah satu angan-angan para alumni program studi teknik komputer. Pasalnya, OS Android kini telah banyak digunakan bahkan cukup merajai pangsa pasar smartphone di seluruh dunia. Alhasil Anda bisa menjadi bagian penting dari perkembangan Android.

Tugas dari seorang Android Developer adalah melakukan sebuah perencanaan hingga proses pembuatan aplikasi hingga semua tahapannya selesai dan dipasarkan secara luas pada android.

5. Web Desainer

Perkembangan zaman dan juga teknologi yang kian hari semakin canggih, membuat banyak pihak dan perusahaan memfokuskan produknya pada sebuah website. Oleh sebab itu, peluang dari pekerjaan ini terbuka sangat lebar untuk digeluti, terlebih para lulusan program studi teknik informatika.

Tugas dari seorang Web Desainer adalah melakukan sebuah perencanaan terhadap website agar tampilannya menjadi lebih menarik serta diminati banyak orang. Selain itu, tujuan lainnya islah membuat pengoperasian website lebih mudah ketika digunakan oleh konsumen secara meluas.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik komputer. Pada dasarnya bidang ini memiliki ruang lingkup yang sangat luas dan bervariasi. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mempersiapkan diri agar bisa bersaing dalam mendapatkan pekerjaan terbaik di sektor tersebut.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Teknik Komputer Yang Sangat Dibutuhkan Di Masa Kini"