Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Kelebihan Android Dibanding Sistem Operasi Lain

Kelebihan Android - Android mempunyai peranan penting dalam membantu kehidupan manusia. Tidak hanya membantu manusia dalam berkomunikasi saja, tetapi juga membantu manusia memenuhi segala macam kebutuhannya. Pengertian Android secara umum adalah suatu sistem operasi yang ditanam di smartphone dan digunakan untuk menjalankan software yang ada di dalamnya.

Kelebihan Android

Sistem operasi memang bukan hanya Android, ada berbagai macam sistem operasi yang ada untuk saat ini. Akan tetapi ada sejumlah kelebihan Android yang tidak terdapat pada sistem operasi lain. Karena alasan tersebut membuat Android menjadi sistem operasi yang paling banyak penggunanya dibanding sistem operasi lain.

Disamping itu, sistem Android juga cenderung lebih mudah untuk dioperasikan. Kelebihan ini juga membuat sistem operasi ini semakin banyak digunakan oleh para pengguna smartphone. Karena manusia cenderung memilih suatu hal yang mudah dipahami daripada harus susah payah mendalaminya.

Untuk saat ini kurang lebih ada 19 macam sistem operasi Android yang sudah mengalami pengembangan dan telah digunakan oleh jutaan orang di belahan bumi ini. Tidak hanya itu, Android masih mempunyai berbagai macam kelebihan yang harus kamu ketahui. Berikut ini adalah beberapa kelebihan utama Android dibandingkan sistem operasi lainya.

Banyak Pilihan Produk

Untuk kelebihan Android pertama adalah banyaknya pilihan produk yang ditawarkan oleh Android. Wajar jika Android banyak diminati oleh para pengguna smartphone. Karena para pengguna disuguhkan dengan berbagai macam jenis produk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini dikarenakan sistem operasi Android tertanam di berbagai produk smartphone dari bermacam pabrikan.

Kelebihan ini yang membuat para pengguna memiliki banyak referensi dalam memilih merek serta Android apa yang tertanam di smartphone tersebut. Untuk sistem operasi lain masih belum bisa menyaingi Android dalam hal ini.

ROM Dapat Disesuaikan

Kelebihan yang kedua adalah kemudahan para pengguna dalam menyesuaikan ROM sesuai dengan kebutuhan mereka. Terdapat ROM khusus yang dapat diinstal oleh para penggunanya dengan mudah. Hal ini membuat para pengguna lebih leluasa mengakses fitur-fitur canggih dan menarik.

Kelebihan dalam hal modifikasi sistem ini tidak dapat ditemukan sistem operasi selain Android. Akan tetapi hal ini juga perlu disesuaikan dengan kapasitas perangkat serta jenis perangkat yang digunakan oleh pengguna.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Antivirus Android Terbaik

Sifat Open Source

Open source adalah kelebihan Android selanjutnya. Maksudnya adalah sistem operasi Android mempunyai kode sumber yang terbuka untuk seluruh pihak.

Hal ini memicu para pihak misalnya pengembang atau produsen untuk melakukan modifikasi sistem operasi guna penyesuaian kebutuhan perangkat mereka. Dengan ini, para pihak terkait akan banyak memodifikasi sistem operasinya sesuai dengan kebutuhan para pengguna smartphone.

Dapat Meningkatkan Penyimpanan

Mudahnya meningkatkan ruang penyimpanan smartphone juga menjadi kelebihan yang dimiliki Android. Caranya pun sangat mudah, dengan menambah memory card micro SD pada perangkat, pengguna sudah memiliki tambahan ruang penyimpanan pada ponselnya.

Dengan penambahan SD card pengguna akan lebih leluasa dalam menyimpan data atau software tambahan yang mereka inginkan karena memiliki kapasitas memory yang lebih besar daripada sebelumnya. Hal ini cocok untuk para pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.

Open Ecosystem

Open ecosystem adalah kelebihan Android yang kelima yang memudahkan para pengguna dalam memiliki berbagai macam aplikasi tambahan yang mereka inginkan. Dengan cara membuka Google Playstore para pengguna dapat memilih aplikasi apa saja yang mereka butuhkan. Selanjutnya para pengguna hanya tinggal mengunduhnya saja secara gratis.

Demikian artikel tentang kelebihan Android dibandingkan sistem operasi lainya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan anda juga dapat memaksimalkan smartphone berbasis Android yang anda miliki.

Posting Komentar untuk "Inilah Kelebihan Android Dibanding Sistem Operasi Lain"