Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Pariwisata , Bekerja Sembari Bersenang-Senang Bersamaan

Ketika mendengar prospek kerja pariwisata mungkin Anda langsung berpikir tentang liburan ataupun jalan-jalan mengunjungi berbagai macam tempat. Pada dasarnya, hal tersebut tidaklah salah hanya saja sebenarnya peluang pekerjaan dari para alumninya memiliki ruang lingkup yang lebih luas.

Prospek Kerja Pariwisata yang Bisa Anda Pilih

Program studi pariwisata merupakan salah satu jurusan yang masuk ke dalam kategori santai. Walaupun begitu, peluang pekerjaannya cukup banyak di luar sana dan menjadi prioritas pemerintahan agar terus mengalami perkembangan hingga mencapai internasional. Berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Pariwisata
Ilustrasi tempat wisata (pexels.com)

1. Pengelola Tempat Wisata

Menjadi lulusan program studi pariwisata dan tinggal di Indonesia, kedua hal itu merupakan keberuntungan tersendiri bagi para alumni jurusan tersebut. Pasalnya, mengenai peluang pekerjaan tak perlu dikhawatirkan lagi karena ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang tempat wisata.

Dengan banyak perusahaan tersebut, membuat peluang kerja Anda pun semakin terbuka lebar. Setelah menyelesaikan pendidikan kuliah program studi pariwisata bekerja di industri wisata sangat mungkin didapatkan para alumninya terutama menjadi seseorang yang mengelola tempat wisata.

2. Travel Blogger

Apabila memiliki ketertarikan akan dunia tulis menulis, maka tak ada salahnya untuk mengkombinasikannya dengan fokus keilmuan Anda yaitu pariwisata. Menjadi seorang travel blogger merupakan salah satu langkah yang bisa diambil setelah menyelesaikan pendidikan kuliah.

Jalan-jalan dan mengunjungi ke berbagai macam tempat menarik dan menuliskannya ke dalam blog untuk berbagi cerita ke orang lain adalah hal yang sangat menyenangkan. Oleh sebab itu, profesi satu ini merupakan pekerjaan yang sangat di idam-idamkan oleh para alumni dari program studi pariwisata.

3.  Tour Guide

Prospek kerja pariwisata berikutnya adalah memungkinkan Anda menjadi seorang Tour guide. Profesi satu ini bertugas menemani dan memberikan arahan serta informasi kepada para wisatawan mengenai tempat yang dikunjungi. Ilmu komunikasi ditambah kecakapan berbahasa asing membuat para tour guide selalu menjadi ujung tombak industri pariwisata. Mulai dari museum, bangunan bersejarah hingga ke tempat menarik lainnya.

Menjadi seorang tour guide tidak hanya seputar tempat wisata lokal saja. Anda memiliki kesempatan bisa bepergian ke luar negeri guna menemani wisatawan mengunjungi tempat-tempat tertentu. Oleh sebab itu, apabila mempunyai kemampuan lebih bahasa asing, maka menjadi keuntungan tersendiri.

4. Travel Vlogger

Jika sebelumnya membahas mengenai profesi menjadi travel blogger maka kali ini dalam bidang vlogger. Pada dasarnya, kedua pekerjaan tersebut memiliki kesamaan yang sangat signifikan yaitu mengunjungi tempat wisata hanya saja berbeda pada medianya yaitu antara tulisan dan visual audio

Jika blogger akan berfokus pada tulisan yang di publish ke website, maka travel vlogger merupakan sebuah video mengenai jalan-jalan. Hal tersebut muncul berkat perkembangan teknologi visual termasuk munculnya berbagai platform media sosial seperti YouTube, maka munculah profesi ini.

5. Perhotelan

Para alumni program studi pariwisata, tidak hanya berkesempatan bekerja di lapangan saja tapi juga bisa kerja di sebuah hotel. Ada banyak bagian yang bisa Anda ambil di dalamnya, mulai dari tingkat bawah hingga atas, bergantung pada kemampuan individunya.

Walaupun pada dasarnya, sektor perhotelan dan pariwisata memiliki keterkaitan tugas yang diemban pun cukup berbeda. Anda bisa menjadi seorang staf yang bertanggung jawab atas manajemen hotel atau mengisi bagian lainnya seperti konsultan pariwisata, pelayan, manajer hingga Chef.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja pariwisata. Bagi Anda yang suka jalan-jalan dan mengunjungi berbagai macam tempat menarik, program studi satu ini wajib diambil. Tapi, jika kurang tertarik dengan bekerja di lapangan, tak perlu khawatir karena ada sektor lainnya.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Pariwisata , Bekerja Sembari Bersenang-Senang Bersamaan"