Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Akuntansi Syariah Yang Dibutuhkan Ditengah Berkembangnya Ekonomi Syariah

Prospek kerja akuntansi syariah pada dasarnya tidak begitu berbeda dengan akuntansi biasanya, hanya saja di bidang ini Anda akan bekerja berdasarkan prinsip Islam. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang baru, karena sudah banyak perusahaan, instansi pemerintahan yang menerapkan hukum syariah.

Prospek Kerja Akuntansi Syariah yang Cukup Menjanjikan

Program studi akuntansi syariah adalah sebuah jurusan yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan finansial. Mulai dari manajemen, pengelolaan pajak, audit, dan masih banyak lagi lain yang mengedepankan prinsip serta ketentuan hukum agama Islam. Berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Akuntansi Syariah

1. Financial Analyst

Salah satu profesi yang begitu diimpikan oleh para lulusan akuntansi syariah dalam sektor layanan keuangan ialah  menjadi analis, terutama bagian financial analyst. Sebagai seorang lulusan akuntansi, Anda bisa berkarir di industri ini yang bergerak atas dasar ketentuan serta prinsip hukum Islam.
Analis keuangan tugasnya ialah  bertanggung jawab atas kegiatan riset data guna identifikasi peluang serta melakukan sebuah evaluasi untuk rekomendasi keputusan bisnis maupun investasi Secara umum, financial analyst berperan dalam pemeriksaan data dari keuangan melalui tahap penelitian.

2. Accounting Manager

Accounting manager atau bisa disebut juga manajer akuntansi ialah pemimpin dari seluruh anggota utama dari divisi akuntansi di suatu perusahaan. Profesi ini diwajibkan ahli di bidang tersebut karena akan bekerja sama dengan departemen lain guna memastikan masalah pada keuangan perusahaan.
Manajer akuntansi bertugas guna mengawasi akuntan baru serta asisten lain dalam departemen. Bidang ini menyiapkan sebuah laporan keuangan dan mengelola berkas hingga memprediksi kebutuhan keuangan perusahaan. Memastikan organisasi mengikuti persyaratan hukum syariah.

3. Accounting Software Developer

Prospek kerja akuntansi syariah berikutnya ialah Accounting Software Developer. Profesi ini bertugas membantu pada pembuatan serta dukungan aplikasi yang digunakan untuk tujuan akuntansi. Sebagai seorang yang bekerja sebagai ASD, anda bertanggung jawab memastikan software dapat berfungsi.
Umumnya, seorang yang berprofesi sebagai accounting software developer bekerja sama dalam tim. Hal tersebut dikarenakan, sebagian besar dari data yang di input  ke dalam sistem akan tertaut pada sebuah sistem moneter yang berguna mengenai perhitungan yang akurat serta presisi dan tepat.

4. Cost  Accounting

Cost accountant merupakan spesialis keuangan guna menentukan biaya sesungguhnya yang berkaitan pada penyediaan pembuatan produk atau suatu layanan. Tugas utama profesi ini ialah  melakukan sebuah penelitian terhadap semua biaya terkait dalam rantai pasokan agar lebih efektif.
Dengan begitu cost accountant bertanggung jawab guna mengumpulkan, validasi hingga sinkronisasi data agar terciptanya transparansi keuangan. Selain itu, fungsi cost accountant lainnya ialah memulai langkah dalam penutupan serta pelaporan akhir bulan dan nantinya akan  diserahkan ke manajemen.

5. Compliance Officer

Compliance Officer merupakan seseorang yang bertugas guna memastikan sebuah perusahaan mematuhi persyaratan  dari peraturan serta hukum dari luar serta kebijakan. Tujuan bidang tersebut adalah untuk menetapkan bahwa organisasi memiliki kontrol internal mengukur dan mengelola risiko. Jika terjadi sebuah pelanggaran pada peraturan, sangat krusial sekali bagi petugas terutama memenuhi kepatuhan untuk diterapkan  tindakan yang tepat dan sesuai  untuk menghindari kesalahan. Oleh sebab itu, sebagai lulusan program studi akuntansi syariah sangat diunggulkan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja akuntansi syariah. Selain daftar pekerjaan diatas, masih banyak lagi profesi lainnya yang bisa Anda geluti setelah menyelesaikan pendidikan. Mengingat bahwa, akuntansi sangat dibutuhkan dalam berbagai industri bahkan kehidupan sehari-hari.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Akuntansi Syariah Yang Dibutuhkan Ditengah Berkembangnya Ekonomi Syariah"