Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Psikologi Mulai Dunia Usaha Hingga Dunia Pendidikan

Jika Anda sedang menempuh pendidikan namun masih bingung mengenai prospek kerja psikologi, maka simaklah penjelasan berikut ini agar mendapatkan pencerahan. Program studi ini merupakan sebuah disiplin ilmu dengan mempelajari perilaku, mental hingga pikiran manusia secara detail.

Beberapa Prospek Kerja Psikologi Wajib Untuk Anda Ketahui

Program studi psikologi adalah salah satu pilihan favorit bagi banyak calon mahasiswa ketika menentukan jurusan kuliah. Bukan tanpa alasan, hal tersebut dikarenakan, peluang pekerjaannya yang begitu terbuka lebar dan sangat dibutuhkan. Berikut prospek kerja psikologi.

prospek kerja psikologi
Iustrasion by:Pexels

1. Menjadi Human Resource Departement (HRD)

Peluang kerja pertama yang cukup terbuka untuk para alumni program studi psikologi adalah menjadi Human Resource Department atau HRD. Hal tersebut dikarenakan, semua pelajaran yang telah membekali para lulusannya dapat memenuhi spesifikasi sebagai HRD di sebuah perusahaan.

Tugas dari Human Resource Department adalah terkait dengan operasional calon karyawan ataupun pegawai lama. Selain itu, HRD juga mengatur tentang payroll atau pengupahan para pekerja serta mengelola sistem recruitment hingga mengawasi pelatihan terhadap semua kandidat karyawan.

2. Konselor

Menjadi konselor merupakan peluang kerja berikutnya yang bisa dilakoni oleh para lulusan program studi psikologi. Selain itu, divisi ini berada di tingkat atas pada sebuah perusahaan sehingga sangat membutuhkan seseorang yang memiliki banyak pengalaman karena gajinya pun cukup tinggi.

Konselor memiliki tugas sebagai konseling terhadap karyawan yang dianggap sedang membutuhkan. Selain itu, jika seseorang bekerja diluar perusahaan, maka biasanya menangani kasus-kasus remaja atau berdasarkan gender. Tujuannya adalah menyelesaikan berbagai macam masalah atas perilaku.

3. Menjadi Guru Bimbingan Konseling (BP)

Prospek kerja psikologi berikutnya adalah menjadi seorang guru. Dalam hal ini, Anda bukan dituntut untuk mengajar sebuah mata pelajaran melainkan guna mengisi bagian bimbingan konseling. Tugasnya yaitu menyelesaikan serta mengarahkan para siswa yang bermasalah atas perilakunya.

Menjadi guru bimbingan konseling dituntut memberikan arahan kepada siswa terkait dengan anak yang memiliki masalah di sekolah. Mulai dari mengenai proses belajar hingga mengoptimalkan kemampuan siswa di sekolah. Jadi, bisa dikatakan profesi ini berurusan langsung dengan perilaku serta karakter.

4. Dosen Psikologi

Jika Anda memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat S2, maka peluang menjadi tenaga pengajar atau dosen sangat terbuka. Selain itu, pilihannya pun tidak hanya berpatokan pada ilmu psikologi saja, melainkan dapat memilih ilmu sosial, tingkah laku industri dan sebagainya.

Peluang ini sangat terbuka bagi lulusan program studi psikologi. Pasalnya, selama menempuh pendidikan S1 semuanya telah dibekali agar mampu lanjut ke tahap lebih tinggi. Selain itu, gajinya pun tergolong besar yaitu berkisar 7 juta sampai 15 juta per bulannya.

5. Psikolog dan Psikiater

Kesempatan menjadi psikiater tak hanya berlaku untuk ilmu kedokteran, melainkan bagi lulusan dari program studi psikologi. Pasalnya, semua spesifikasi yang dibutuhkan oleh bidang ini telah dimiliki oleh para alumni sehingga peluangnya cukup besar dan nilai gajinya tergolong tinggi.

Sama halnya seperti psikiater, menjadi psikolog juga sangat memungkinkan bagi para alumni program studi psikologi. Profesi khusus ini bertugas untuk membantu serta melakukan riset guna mengatasi berbagai macam macam masalah seperti gangguan mental pada manusia.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja psikologi. Selain itu masih ada banyak lagi peluang pekerjaan yang sangat terbuka bagi para alumninya. Namun, pada dasarnya semua kembali kepada Anda bagaimana memanfaatkan ilmu pengetahuannya secara optimal.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Psikologi Mulai Dunia Usaha Hingga Dunia Pendidikan"