Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Pendidikan Teknik Informatika

Jika bicara prospek kerja Pendidikan Teknik Informatika, rasanya tak perlu dikhawatirkan lagi. Hal itu dikarenakan, perkembangan teknologi yang terus mengalami perkembangan sangat pesat. Dengan begitu, peluang pekerjaan para ahli di bidang komputerisasi atau sejenisnya sudah pasti dibutuhkan.

Prospek Kerja Pendidikan Teknik Informatika

Program studi teknik informatika adalah salah satu jurusan yang mempelajari mengenai pemrograman, pengembangan pada suatu perangkat lunak hingga semua hal berkaitan pada komputer dan jaringan. Oleh sebab itu, diera digital seperti sekarang ini peluang kerja cukup terbuka. Berikut ulasannya.

Prospek Kerja Pendidikan Teknik Informatika

1.   IT Support Analyst

Peluang kerja berikutnya bagi para lulusan program studi pendidikan TI adalah berprofesi sebagai IT Support Analyst. Secara singkat, tugas dari pekerjaan ini ialah menyediakan sebuah pengaturan teknis, pendukung, serta saran kepada para pengguna melalui telepon, email, atau secara langsung.

Selain itu, seorang yang berprofesi sebagai IT Support Analyst juga akan memberikan sebuah dukungan pada pihak tertentu sesuai permintaan guna memperbaiki serta menyempurnakan teknologi di kantor maupun di rumah. Dalam pekerjaan ini harus memiliki ilmu pengetahuan teknologi yang luas.

2.   System Analyst

Peluang kerja pertama yang bisa Anda tekuni setelah menyelesaikan pendidikan adalah berprofesi sebagai System analyst. Tugas dari pekerjaan ini adalah memeriksa semua kebutuhan sistem IT, memeriksa hardware dan software yang berkaitan dengan perusahaan guna kepentingan industrinya.

Selain itu, seorang yang bekerja sebagai System analyst juga berperan dalam penerapan, pelatihan kepada pengguna, pengembangan hingga evaluasi efisiensi sistem. Profesi ini pada dasarnya sangat mengandalkan ilmu komunikasi dan juga kemampuan analisis yang baik guna mendukung kinerjanya.

3.   Network engineer

Prospek kerja pendidikan teknik informatika selanjutnya adalah menjadi Network Engineer. Secara umum tugas dari pekerjaan ini adalah mengatur, pemeliharaan, mengelola administrasi, serta meningkatkan sistem, jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN) dan juga dalam komunikasi.

Network Engineer pada dasarnya bertanggung jawab atas penyimpanan data, keamanan, serta menerapkan sebuah strategi saat terjadi suatu masalah terhadap jaringan. Apabila Anda tertarik menjadi seorang ahli di bidang ini, maka dibutuhkan sertifikasi teknis dan juga kemampuan lainnya.

4.   Software Developer

Pekerjaan berikutnya yang cukup dekat dengan lulusan program studi pendidikan TI adalah menjadi Software Developer. Tugasnya adalah mengimplementasikan sebuah solusi akan software dengan membangun aplikasi, sistem, situs website dan lainnya yang berhubungan pada bidang coding.

Seorang yang bekerja sebagai Software Developer juga akan terlibat dengan rekan kerja guna menilai dan mencari solusi pada sistem yang dibutuhkan. Itu artinya bidang ini tidak hanya membutuhkan keterampilan secara teknis tapi juga sangat mengandalkan kemampuan bekerja sama dengan tim.

5.   IT Consultant

Tugas seorang yang berprofesi sebagai IT Consultant ialah menyediakan keahlian secara teknis serta menerapkan sistem Teknologi Informasi untuk para klien eksternal. Selain itu, pekerjaan ini juga terlibat dalam proses merancang sistem, pengembangan kode, mengelola proyek serta pendukung jualan.

Untuk bisa menjadi seorang IT Consultant, spesifikasi yang dibutuhkan ialah perlu memiliki keterampilan tambahan dan pendukung terlepas dari kemampuan teknis. Mulai dari ilmu berkomunikasi, presentasi, manajemen, hingga membangun kerjasama antar tim dengan baik.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja pendidikan teknik informatika. Di era digital seperti sekarang ini, dimana perkembangan terus melaju dengan pesat membuat Anda tidak perlu mengkhawatirkan peluang pekerjaannya. Jadi, asah sebaik mungkin kemampuan dalam bidang ini.

Posting Komentar untuk "Prospek Kerja Pendidikan Teknik Informatika"