Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Lulusan STTKD Yang Terbuka Luas Untuk Para Lulusannya

Jika bicara mengenai prospek kerja lulusan STTKD pasti sangatlah menarik. Pasalnya program studi tersebut membuat alumninya bisa berkecimpung  dunia penerbangan. Mulai dari aspek teknologi, pengembangan sistem, pembangunan, pilot serta divisi  yang berkaitan dengan transportasi udara.

Beberapa Prospek Kerja Lulusan STTKD Secara Umum

Jika Anda berpikir bahwa pekerjaan dari lulusan STTKD hanya itu-itu saja, seperti teknisi dan sejenisnya maka bisa dipastikan bahwa pengetahuan tentang prospek kerjanya belum luas. Walaupun bidang tersebut sangat menjamin, namun ada banyak pekerjaan lainnya. Berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Lulusan STTKD

1. Ground Handling Agent

Peluang kerja pertama yang diluar dari profesi umum lulusan STTKD  adalah bekerja menjadi Ground Handling Agent. Tugas utamanya yaitu ialah mengelola serta mengatur seluruh kegiatan yang berkaitan dengan dunia penerbangan suatu bandar udara supaya  semuanya bisa berjalan lancar.

Ada banyak posisi yang bisa Anda pilih  dengan tugas berbeda-beda. Mulai dari staff ticketing guna  mengelola semua hal mengenai tiket seperti pembelian serta pelayanan. Selain itu juga check in counter, boarding gate staff, transfer desk, dan services hingga CRO atau Customer Relation Officer.

2. DirJen Perhubungan Udara

Peluang kerja berikutnya yang sangat dekat dengan para  lulusan STTKD adalah menjadi bagian Dan masuk ke dalam salah satu divisi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Selain itu, Anda bisa menentukan posisi pekerjaan yang sesuai pada kemampuan dan bekal ilmu selama masa pendidikan..

Pada dasarnya, Direktorat Jenderal Perhubungan udara dibebani tugas yang sangat komplit atas semua kegiatan yang berkaitan dengan penerbangan atau transportasi udara. Setiap divisinya memiliki fungsi berbeda. Mulai dari mengelola peralatan, SDM  hingga seluruh aspek guna  keberlangsungan industri

3. Asuransi Penerbangan

Prospek kerja lulusan STTKD berikutnya mungkin bisa dikatakan keluar dari pekerjaan umumnya namun masih cukup dengan dengan bidangnya yaitu bekerja sebagai asuransi Penerbangan. Pasalnya profesi tersebut merupakan salah satu peluang yang mungkin bisa digeluti setelah lulus kuliah.

Asuransi penerbangan mempunyai tugas yang cukup banyak dalam hal menciptakan kenyamanan dan rasa aman kepada para  pengguna transportasi udara. Profesi ini akan menangani berbagai macam hal, mulai dari biaya perawatan medis,  kompensasi jika ada masalah hingga risiko lainnya..

4. Agen Kargo

Agen Kargo merupakan salah satu pekerjaan memiliki tugas  untuk menangani semua hal yang berkaitan dengan muatan barang dalam hal ini pada suatu penerbangan. Sebagai lulusan program studi manajemen transportasi udara membuat Anda dapat berkesempatan menjadi bagian industrinya.

Selain itu, cargo Agent tidak hanya membuat Anda bekerja di bandara saja tapi juga di berbagai sektor.

Pasalnya, hingga saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa muatan barang khususnya transportasi udara. Tugas utamanya ialah memastikan semua barang dapat dikirim sesuai tujuannya.

5. Wirausaha  Agen Perjalanan

Sampai pada hari ini, ada banyak badan usaha yang menyediakan sebuah layanan jasa yaitu travel biro. Mengingat bahwa sibuknya arus penerbangan membuat berbagai perusahaan untuk mencoba mengambil kesempatan tersebut dan membangun bisnis penyedia agen perjalanan wisata.

Sebagai lulusan STTKD tidak menutup kemungkinan untuk Anda menjadi seorang wirausahawan dalam hal yang masih ada kaitannya dengan penerbangan yaitu agen perjalanan.  Selain bisa bekerja di berbagai perusahaan penerbangan, Anda juga bisa membangun bisnis di sektor tersebut. .

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja lulusan STTKD. Penjelasan diatas membuktikan bahwa, para alumni program studi tersebut bisa bekerja di berbagai macam sektor dan tidak melalui pada sektor bandara saja walaupun masih berkaitan dengan transportasi udara.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Lulusan STTKD Yang Terbuka Luas Untuk Para Lulusannya"