Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Akademi Kimia Analisis Yang Banyak Dibutuhkan Industri Besar dan Migas

Secara umum, prospek kerja akademi kimia analisis dan ruang lingkupnya cukup luas. Mulai dari dunia kesehatan, lingkungan, farmasi atau obat-obatan, makanan dan minuman, laboratorium hingga perusahaan MiGas (minyak dan gas). Jadi Anda tidak perlu lagi merasa bingung tentang pekerjaannya.

Prospek Kerja Akademi Kimia Analisis Serta Ruang Lingkupnya

Program studi  Akademi Kimia Analisis merupakan salah satu jurang yang mempelajari tentang berbagai macam prinsip serta konsep dasar ilmu kimia. Mahasiswanya dibentuk agar mampu memahami bagaimana cara meneliti dan sebagainya. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Akademi Kimia Analisisv

1. Research Scientist

Prospek kerja pertama untuk para alumni program studi akademi kimia analisis khususnya yaitu Research Scientist. Profesi ini bertanggung jawab atas semua kegiatan pada suatu proyek mulai dari merancang, merencanakan, melakukan analisis dari sebuah investigasi hingga eksperimen uji coba.

Research Scientist memiliki ruang lingkup yang cukup luas yaitu hampir di semua sektor sains termasuk penelitian medis, geosains, farmakologi hingga meteorologi. Selain itu, tugas dari profesi ini adalah melakukan sebuah riset yang lebih mendalam lagi seperti berfokus pada bidang tertentu atau ahlinya.

2. Laboratory Technician

Berprofesi sebagai Laboratory Technician merupakan salah satu peluang dari sekian banyak pekerjaan yang bisa dia mabuk oleh alumni akademi kimia analisis. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan laboratorium termasuk peralatan.

Anda akan diminta untuk menjaga, memelihara serta merawat semua perlengkapan dari laboratorium. Selain itu, tugas lainnya adalah melakukan pendataan terhadap sebuah proyek yang sedang dikerjakan dalam lab. Bisa dikatakan Laboratory Technician cukup penting untuk berjalannya suatu  penelitian.

3. Environmental Health Safety

Prospek kerja akademi kimia analisis berikutnya yaitu bekerja sebagai  Environmental Health Safety. Tugas dari profesi ini adalah melakukan pemantauan serta menganalisis akan suatu bahaya lingkungan dan memberikan informasi kepada masyarakat untuk demi berlangsungnya kehidupan.

Selain itu, Anda akan bertugas untuk melakukan riset dan memberikan penilaian terhadap suatu lingkungan akan bahaya yang dapat mengancam kesehatan. Tak hanya itu saja, seorang Environmental Health Safety juga dituntut agar bisa menyampaikan sebuah solusi dari permasalahan.

4. Petroleum Engineer

Sebagai lulusan dari program studi akademi kimia analisis, tidak menutup kemungkinan para alumninya bisa bekerja di industri minyak dan gas. Berprofesi menjadi Petroleum Engineer dengan tugas utamanya yaitu menentukan sebuah strategi dan upaya dalam ekstraksi produk bersumber MiGas.

Namun, pada dasarnya seorang yang berprofesi sebagai Petroleum Engineer memiliki ruang lingkup cukup bervariasi. Mulai dari melakukan sebuah analisis terhadap suatu area guna menentukan apakah memiliki sumber kekayaan alam hingga mencari cara terbaik agar mampu menekan biaya produksi.

5. Research and Development Engineer

Tugas dari seorang research and development Engineer adalah melakukan sebuah analisis guna kepentingan pengujian terhadap sebuah produk, mulai dari ide hingga pengembangan. Selain itu, ada banyak industri yang mungkin bisa Anda masuki dengan memanfaatkan semua ilmu pengetahuan.

Kemudian, seorang research and development juga melakukan sebuah analisis guna pengembangan teknologi baru dan digunakan untuk kepentingan industri. Lebih lengkapnya lagi profesi ini bertugas merancang suatu produk hingga proyek selesai.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja akademi kimia analisis. Dengan mengetahui peluang kerjanya, Anda tidak perlu merasa bingung atau takut tentang ruang lingkup pekerjaannya setelah lulus kuliah. Karena pada dasarnya, bidang tersebut sangat dibutuhkan oleh berbagai industri.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Akademi Kimia Analisis Yang Banyak Dibutuhkan Industri Besar dan Migas"