Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Biologi Murni Paling Polpuler Yang Dijalani Para Lulusannya

Jika bicara mengenai prospek kerja biologi murni pada dasarnya sangatlah beragam. Hal tersebut dikarenakan, dalam bidang dan industrinya terus mengalami perkembangan begitu pesat dan cepat pada penemuan organisme baru hingga melakukan pendalaman serta penelitian terhadap banyak hal.

Beberapa Prospek Kerja Biologi Murni yang Cukup Menggiurkan

Program studi biologi murni adalah salah satu bagian dari fokus keilmuan atau sebuah jurusan  yang mendalami ilmu mengenai berbagai macam makhluk hidup. Mulai dari manusia, tumbuhan serta hewan hingga struktur, anatomi hingga sel molekul dan masih banyak lagi. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Biologi Murni
Ilustrasion by:Pexels

1. Health Educator

Health educator atau disebut juga promotor kesehatan memiliki peran dalam mengedukasi orang-orang agar mendorong perilaku  yang memprioritaskan serta dan kesehatan. Anda akan bertugas guna mengembangkan hingga menerapkan strategi  supaya mampu meningkatkan kesehatan pihak tertentu.

Tentunya, tugas dari seorang health educator sangat bervariasi tergantung bidang pekerjaan serta tempat bekerja. Pada umumnya, sebagian para prakteknya akan ada di sektor fasilitas kesehatan, departemen kesehatan, perguruan tinggi,  organisasi non profit hingga berbagai perusahaan swasta.

2. Ahli Biologi (Biologist)

Ahli biologi secara mendasar akan mempelajari mengenai manusia, tumbuhan, hewan hingga bakteri guna mendapatkan suatu pemahaman yang bersifat lebih baik. Selain itu, memahami tentang bagaimana antara tubuh serta alam bekerja hingga  faktor eksternal bisa mempengaruhi organisme.

Ketika Anda  mempelajari ilmu biologi bisa saja begitu kompleks dan beraneka ragam. Hal tersebut dikarenakan  ada jutaan makhluk hidup di dunia ini untuk dipelajari dan terus melakukan penelitian.  Sebagai seorang ahli biologi wajib mengkhususkan diri dalam bidang tertentu agar lebih fokus lagi.

3. Biokimia atau Biochemist

Prospek kerja biologi murni berikutnya adalah Biochemist atau ahli biokimia. Profesi  ini merupakan sebuah pekerjaan berbasis di laboratorium guna mempelajari serta mengeksplorasi proses kimia.  Karena, ilmu tersebut  menjadi titik tengah pertemuan dari biologi murni dan kimia secara alami.

Seorang Biochemist akan berfokus pada titik proses kimia yang terjadi dengan alami pada organisasi hidup. Alhasil. Anda bisa memecahkan suatu masalah biologis melalui penelitian serta pemahaman berbasis sifat kimia. Selain itu, Sektornya pekerjaannya dapat bekerja di industri atau bidang akademis.

4. Environmental Scientist

Bagi Anda lulusan dari program studi  biologi murni  yang punya keinginan dan kemampuan untuk mengatasi berbagai macam masalah lingkungan terutama,  maka berprofesi sebagai Environmental Scientist sangat tepat. Pasalnya, tugas pekerjaan tidak begitu jauh jika berdasarkan disiplin ilmunya.

Seorang Ilmuwan lingkungan atau Environmental Scientist secara dasar akan mempelajari, menerapkan, mengembangkan hingga memberikan kebijakan serta rencana guna mengelola sampai  melindungi flora,  fauna, sumber daya alam lainnya. Anda  bisa bekerja di sektor publik atau industri.

5. Botanist

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang memiliki peran sangat penting bagi keberlangsungan semua kehidupan di bumi. Mulai dari mengubah cahaya matahari dan bisa menjadi energi yang kemudian dapat Anda  manfaatkan hingga bisa dipakai sebagai sebuah  bahan bakar, tentunya udara.

Ahli botani pada dasarnya  akan mempelajari berbagai  macam aspek mengenai tumbuhan. Misalkan memahami proses fisiologis seperti  fotosintesis di tingkat molekuler, hubungan tanaman, sejarah evolusi hingga segala hal yang berkaitan dengan lingkungan serta kehidupan di muka bumi ini.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja biologi murni. Pada dasarnya, program studi yang satu memiliki daya tarik sendiri sehingga begitu diminati. Karena, ada banyak hal akan dipelajari di dalamnya. Mulai dari teori, konsep, penelitian sampai dengan  hitung menghitung biologi.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Biologi Murni Paling Polpuler Yang Dijalani Para Lulusannya"