Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Mandi Puasa Ramadhan Untuk Mensucikan Diri dari Junub

Doa mandi puasa ramadhan, apabila seseorang berada dalam keadaan junub, maka wajib baginya membaca niat mandi wajib sebelum membersihkan diri (mandi).

Junub adalah salah satu hadas besar yang disebabkan oleh haid, nifas, atau keluarnya air mani/sperma setelah melakukan berhubungan badan. Adapun keluarnya air mani tanpa melakukan hubungan intim juga termasuk hadas besar.

doa mandi puasa ramadhan

Niat Mandi Wajib Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Latin: "Nawaitul ghusla li raf'il hadatsil akbari fardhan lillaahi ta'aalaa."

Artinya: "Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar fardhu karena Allah yang Maha Tinggi."

Bulan Ramadhan adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh semua Muslim. Untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan, umat Islam pasti akan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Biasanya orang akan memuji satu sama lain meminta maaf sebagai cara membersihkan hati.

Selain itu, dengan melaksanakan mandi wajib sebagai upaya untuk membersihkan diri dari Hadas. Namun, terkadang beberapa orang masih belum hafal atau lupa dengan niat mandi wajib puasa Ramadhan.

Keutamaan mandi wajib sebelum puasa Ramadhan

Keutamaan mandi wajib sebelum menjalankan puasa Ramadhan memang telah menjadi kewajiban. Khususnya untuk orang-orang dalam keadaan junub yang biasa melakukannya. Berbagai istilah untuk mandi wajib sebelum puasa berbeda di setiap daerah. Meski begitu, intinya adalah semuanya memiliki tujuan yang sama.

Mandi wajib sebelum puasa dilakukan sebagai bentuk membersihkan diri dari Hadas. Ini biasanya dilakukan sebelum seseorang berpuasa Ramadhan. Ada sejumlah kebajikan yang dapat dirasakan saat mandi untuk puasa Ramadhan.

Mandi sebelum puasa Ramadhan ternyata akan dimasukkan dalam Sunnah. Di mana seseorang yang melaksanakan nya akan mendapatkan pahala. Terutama mengingat, dalam Islam sangat disarankan untuk menjaga kebersihan tubuh.

Manfaat mandi besar sebelum puasa Ramadhan

Adapun beberapa manfaat apabila seseorang melakukan mandi wajib, berikut manfaatnya:

1. Mandi sebagai ibadah sebagaimana wudhu
2. Mandi adalah kebersihan/memberikan diri
3. Membuat tubuh segar menjadikan semangat beraktivitas dan aktif yang mampu mengusir rasa malas.

Itulah sedikit informasi dari saya mengenai doa, keutamaan, dan manfaat mandi wajib puasa ramadhan. Semoga amal ibadah puasa kita semua diterima oleh Allah SWT. Amin Ya Robbal 'ngalamin.

Posting Komentar untuk "Doa Mandi Puasa Ramadhan Untuk Mensucikan Diri dari Junub"