Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Kelinci Anggora untuk Pemula

Cara merawat kelinci anggora merupakan suatu hal yang harus dipelajari untuk orang yang masih pemula. Sayangnya, sebagian orang beranggapan bahwa cara memeliharanya itu susah. Padahal tidak, justru malah menyenangkan.

Cara Merawat Kelinci Anggora

Apakah kamu suka Hewan Kelinci Angora dan ingin merawatnya? Kamu bingung dengan memelihara kelinci Angora karena masih pemula? Kamu tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini ada solusinya.

Pada dasarnya, bagaimana merawat kelinci, itu sama saja dengan memelihara kelinci ras lain. Yang terpenting itu perawatan ekstra untuk kelinci jenis rambut tebal.

Nah, apakah kamu masih tertarik untuk merawat kelinci jenis ini? Jangan ragu, simak artikel tentang perawatan kelinci Angora dibawah ini.

Persiapan Sebelum Merawat Kelinci Angora


Sebelum memutuskan untuk merawat kelinci Angora, akan lebih baik jika kamu mengetahui persiapannya terlebih dahulu. Memelihara hewan imut ini tidak sulit. Bahkan hal-hal yang harus disiapkan juga tidak banyak. Kira-kira apa saja ya?

1. Tempat yang nyaman untuk tinggal

Pertama yang wajib kamu persiapkan adalah tempat tinggal untuk hewan yang menggemaskan ini. Membuatkan rumah untuk kelinci Angora yang lucu ini tidak sulit. Kamu dapat membuat kandang kayu, besi, atau membelinya di toko hewan peliharaan untuk cara yang praktis. Apa pun jenis rumahnya tidak masalah. Yang paling penting itu adalah ukuran kandangnya.

Usahakan untuk memilih atau membuat kandang dengan ukuran yang besar, karena jenis hewan ini bisa tumbuh dengan cepat. Jika tempat tinggalnya kecil, itu akan membuatnya sulit untuk bergerak. Ukuran ideal kandang adalah 200 x 70 cm dengan ketinggian 50 cm.

Oh ya, kamu juga harus mempertimbangkan suhu sekitar di mana kandang kelinci berada. Angora Rabbit idealnya hidup pada suhu 21 derajat Celcius.

2. Siapkan tempat untuk bersembunyi

Apakah kamu tahu bahwa Angora Flap yang lucu ini benar-benar suka bersembunyi? Biasanya bersembunyi untuk melindungi diri dari hal-hal yang akan menyakitkan. Bahkan sering digunakan sebagai tempat bermain.

Karena itu akan lebih disukai apabila kamu menyiapkan tempat untuk bersembunyi di kandang. Tempat ini dapat terbuat dari kotak kardus kecil yang telah dilubangi. Kamu bisa gunakan kardus bekas sepatu.

Dengan ruangan ini, kelinci kamu akan merasa lebih bahagia karena dia memiliki tempat persembunyian serta bermain. Tetapi,jangan lupa  sering membersihkan kardus. Biasanya, imut ini akan membawa sisa makanan ke dalam kotak kardus.

3. Berikan tempat makan dan minum


Hewan berkaki empat ini benar-benar suka menggulung benda-benda yang ada di sekitarnya. Karena itu, hindari wadah yang terbuat dari bambu dan kayu. Pilihlah wadah yang terbuat dari tanah liat, semen atau stainless. Bahan-bahan ini kuat, pastinya akan tahan lama jika digunakan.

Untuk tempat minum, pilih wadah yang berbentuk botol atau dot. Jangan menaruh air minum pada mangkuk agar rambut tidak gampang basah. Rambutnya yang basah bisa menyebabkan cepat kotor dan gimbal.

Kamu dapat membeli botol air minum untuk kelinci di toko hewan terdekat. Harganya relatif terjangkau kok.

4. Berikan untuk buang kotoran

Persiapan penting selanjutnya adalah menyediakan kotak untuk membuang kotoran si kelinci. Kotak ini biasanya diisi dengan pasir yang dikhususkan untuk hewan agar tidak membuang air kecil dan kotoran di mana saja.

Kelinci Angora dapat dilatih untuk buang air kecil dan kotoran di tempat yang telah disediakan. Jadi itu akan membuat kandang kelinci tetap bersih agar sehat dan nyaman.

Kamu juga harus membersihkan tempat pup kelinci secara rutin. Idealnya bersihkan pasir dua kali dalam seminggu. Jika sebulan, ganti pasir agar kelinci tetap sehat dan kebersihan kandang terjaga.

5. Siapkan tempat bermain


Hewan menggemaskan yang satu ini benar-benar suka bermain. Mereka suka berlari dan melompat dari atas ke bawah. Oleh karena itu, siapkan tempat yang agak luas sebagai taman bermain si kelinci.

Kamu dapat menyiapkan tempat di belakang rumah atau kamu juga dapat mengajaknya untuk bermain di dalam rumah. Jika kamu ingin mengajak untuk bermain di dalam rumah, singkirkan kabel elektronik yang bisa membahayakan. Seperti anak-anak, kelinci perlu pengawasan ekstra jika bermain di dalam rumah.

Itulah informasi tentang cara merawat kelinci anggora untuk pemula, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua dan apabila ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Kelinci Anggora untuk Pemula"