Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Teknik Elektronika Dan Gajinya

Prospek Kerja Teknik Elektronika cukup banyak diminati sehingga Anda tidak akan menyesal jika masuk di bidang ini. Gaji untuk jurusan ini juga terbilang menggiurkan. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Teknik Elektronika

Prospek Kerja Lulusan Elektronika

1. Software Developer

Peluang kerja yang pertama Anda dapat bekerja sebagai software developer. Profesi ini sekarang amat dibutuhkan dan dapat memberi penghasilan yang besar untuk Anda. Jenis profesi ini juga sesuai dengan bidang ilmu yang Anda pelajari.

Apabila Anda senang bahasa pemrograman, maka dari itu pilihan profesi ini sangat tepat. Anda pasti akan bersemangat untuk menekuni profesi sebagai software developer. Gaji yang bisa Anda peroleh dari profesi ini di antara 5 juta sampai 15 juta.

2. Electrical Design Engineer

Selanjutnya Anda bisa ambil menjadi electrical design engineer. Tentu saja di jurusan Teknik Elektronika Anda akan belajar banyak mengenai electrical design. Ilmu yang Anda dapat bisa diaplikasikan secara maksimal dan akan lebih bermanfaat.

Pekerjaan nenis ini sangat berhubungan dengan kelistrikan sehingga cocok untuk Anda yang punya minat di bidang ini. Gaji yang bisa Anda peroleh dari profesi ini cukup besar yaitu dari 10 juta hingga belasan juta rupiah.

3. Bekerja Di BUMN

BUMN juga bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk bekerja. Salah satu BUMN yang bisa Anda coba adalah PLN. Perlu Anda tahu bahwa persaingan untuk diterima sebagai bagian BUMN sangatlah ketat. Banyak orang yang  ingin mendapatkan pekerjaan di BUMN karena jenjang karier di sini terjamin dan sangat menjanjikan.

Sebagai karyawan BUMN Anda bisa mendapatkan gaji sebesar 3 juta hingga 10 juta. Besar gaji akan terus bertambah tergantung posisi jabatan dan instansi tempat Anda bekerja.

4. Tenaga Pengajar Guru

Anda juga dapat bekerja menjadi guru di SMA maupun SMK. Sesuai dengan bidang ilmu yang telah Anda pelajari, Anda bisa mengajar mata pelajaran Fisika ataupun elektronika. Gaji yang bisa diperoleh dari profesi guru antara 2 juta hingga 3 juta.

5. Tenaga Pengajar Dosen

Prospek kerja Teknik Elektronika bisa juga menjadi dosen. Jika Anda tidak ingin menjadi guru, maka Anda tetap bisa mengajar sebagai dosen di universitas. Namun perlu diketahui bahwa Anda harus berusaha menempuh pendidikan pascasarjana terlebih dahulu supaya bisa mendaftar sebagai dosen.

Upah profesi dosen juga sangat menjanjikan. Anda bisa memperoleh gaji mulai dari 3 juta hingga 5 juta. Belum lagi jika Anda dapat tunjangan. Ditambah lagi dengan pengerjaan karya ilmiah ataupun penulisan buku yang dapat menjadi penghasilan tambahan.

6. Usaha Instruktur Kelistrikan

Jika Anda tidak ingin melamar pekerjaan di perusahaan, maka Anda bisa membuka usaha sendiri instruktur kelistrikan. Bidang profesi yang satu ini dapat menjadi pilihan jika Anda ingin mandiri namun tetap memanfaatkan ilmu yang telah Anda dapatkan.

Menekuni profesi instruktur kelistrikan Anda tidak hanya mendapat uang. Anda juga akan mendapatkan ilmu baru dan pengalaman. Besarnya upah yang bisa Anda dapatkan dari profesi ini juga beragam pada besarnya tarif yang Anda tentukan sendiri.

7. Project Engineer

Lulusan Teknik Elektronika pastinya berpeluang bekerja sebagai project engineer. Jenis profesi ini sangat membutuhkan bekal ilmu yang Anda dapatkan. Profesi ini juga menarik untuk digeluti jika Anda masih ingin bekerja di dunia yang tak jauh dari bidang yang kamu pilih. Dari profesi ini Anda bisa memperoleh gaji di antara 3 juta hingga 5 juta rupiah.

Itulah 7 prospek kerja Teknik Elektronika dan gajinya yang perlu Anda ketahui. Pastinya semua jenis pekerjaan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk semuanya, terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Prospek Kerja Teknik Elektronika Dan Gajinya"