Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Kimia Yang Paling Banyak Diminati

Prospek kerja kimia memiliki ruang yang sangat luas dan cukup terbuka bagi para lulusannya. Pasalnya, program studi ini sangat berkaitan dalam memenuhi kehidupan sehari, mulai dari makanan dan minuman, obat-obatan manufaktur hingga peralatan guna menunjang kegiatan banyak industri.

Beberapa Prospek Kerja Kimia Dalam Bidang Engineering

Program studi kimia merupakan salah satu jurusan yang memiliki banyak spesialisasinya. Anda dapat menentukan bidangnya dan disesuaikan dengan keinginan. Mulai dari kimia murni, analisis, teknik, lingkungan laboratorium dan masih banyak lagi lainnya. Berikut beberapa prospek kerja prodi  kimia.

Prospek Kerja Kimia

1.     Process Engineer

Seseorang yang berprofesi sebagai Process engineer memiliki tanggung jawab guna membantu mengubah atau mengolah bahan mentah menjadi sebuah produk yang bermanfaat untuk kehidupan. Anda juga akan bertugas merancang, menerapkan dan mengendalikan permesinan di manufaktur.

Selain itu, Anda akan berfokus pada ilmu matematika, fisika hingga kimia. Pada bidang manufaktur, process engineer terlibat dalam perencanaan dan manajemen, koordinasi, serta pengendalian proses. Anda akan memastikan bahwa produk yang diproduksi telah dibuat dengan efisien dan hemat biaya.

2.     Manufacturing Engineer

Diketahui bahwa industri seluruh dunia pasti mencari cara dalam meningkatkan produksi serta keuntungan. Selain itu, harapan lainnya yaitu dapat memproduksi sebuah produk menjadi lebih efisien dan andal serta bermanfaat untuk menunjang kehidupan sekaligus mengurangi biaya pada produksi.

Sebagai seorang yang bekerja sebagai manufacture engineer, anda akan melakukan penelitian dan mengembangkan cara merancang serta membangun hingga mengirimkan produk sesuai ketepatan  waktu sesuai dengan anggaran. Para pekerja dituntut untuk menemukan langkah terbaik dalam project.

3.     Field Engineer

Prospek kerja kimia berikutnya yaitu berprofesi sebagai Field engineer atau lebih dikenal dengan julukan insinyur lapangan atau teknisi peralatan. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab pada proses melakukan identifikasi serta menyelesaikan sebuah masalah dalam peralatan dan sistem untuk klien.

Dalam bidang ini Anda akan menerapkan teori matematika, teknik, serta sebuah solusi ilmiah dalam masalah kehidupan dan yang ada di berbagai lokasi tak terkecuali di industri. Seorang field engineer, juga bertugas guna mendiagnosis keluhan klien dan menerapkan hingga mencarikan jalan keluarnya.

4.     Plant Engineer

Plant engineer atau sebutan lainnya yaitu insinyur pabrik pada dasarnya bekerja dalam sektor manufaktur guna mengarahkan kelancaran dari sebuah operasi pabrik. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah dalam pemeliharaan hingga perbaikan peralatan sampai pada divisi manajemen di perusahaan.

Selain itu, tugas dari seorang plant engineer sampai mencakup pada divisi manajemen tim proyek atau proyek  perencanaan serta  pelaksanaan teknik dalam bidang keahlian sesuai ketentuan. Tanggung jawab lainnya ialah mendesain tata letak terhadap manufaktur hingga mengevaluasi suatu penawaran.

5.     Operations Engineer

Operations engineer atau sering disebut dengan insinyur operasi merupakan sebuah pekerjaan yang bertugas guna memastikan operasi pada suatu perusahaan. Hal ini bertujuan untuk dapat memfungsikan semua peralatan dapat bekerja  dengan baik di industri seperti bidang  manufaktur.

Selain itu, seorang yang bekerja sebagai operations engineer sangat bervariasi dalam divisinya bisa saja mencakup industri konstruksi, makanan, manufaktur, fasilitas, hingga komputer. Anda akan bertugas untuk menangani sebuah perbaikan serta peningkatan terhadap mesin suatu perusahaan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja kimia. Perlu Anda ingat, penjelasan diatas hanyalah sebagian dari banyaknya peluang pekerjaan untuk lulusan program studi tersebut. Jadi, sebagai alumninya tak perlu mengkhawatirkan masalah prospek kerjanya karena sangat tersedia.

Posting Komentar untuk "Prospek Kerja Kimia Yang Paling Banyak Diminati"