Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Kedokteran Yang Sangat Menjanjikan

Prospek kerja kedokteran mungkin semua orang mengetahuinya yaitu menjadi seorang dokter yang handal serta mengabdikan dirinya terhadap lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, program studi ini masuk ke dalam kategori jurusan populer karena peluang kerja sangat terbuka dan menjanjikan.

Beberapa Prospek Kerja Kedokteran Selain di Rumah Sakit

Umumnya, lulusan dari program studi kedokteran sudah bisa dipastikan akan menjadi seorang dokter yang bekerja di sebuah rumah sakit umum ataupun swasta. Padahal faktanya, Anda juga bisa bekerja di sektor lainnya diluar dari ruang lingkup rumah sakit. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Kedokteran

1.     Dokter Industri

Profesi pertama yang dapat Anda tekuni diluar dari ruang lingkup rumah sakit adalah menjadi seorang dokter industri. Dalam suatu proses bisnis dalam penjualan produk, pasti dibutuhkan sebuah unit tersendiri guna memantau mutu terlebih jika produk tersebut berkaitan pada sektor kesehatan.

Walaupun statusnya masih seorang dokter, namun fokus pekerjaannya cukup berbeda dari biasanya. Umumnya, dokter yang bekerja disektor inilah yang memiliki tugas untuk memastikan semua proses dari mulai produksi sampai barang ke konsumen dapat berjalan dengan baik dan sesuai ketentuannya.

2.     Dokter Layanan Primer

Dokter layanan primer bertugas pemeriksaan secara lebih detail dan tidak hanya memberikan sebuah solusi, melainkan juga penjelasan dengan rinci terhadap penyebab penyakit tersebut dapat timbul. Selain itu, memberikan rekomendasi konsumsi obat beserta alasannya agar lebih dimengerti pasien.

Dokter layanan primer ini pada dasarnya setara dengan spesialis. Penempatannya pun akan lebih banyak ke sebuah komunitas, masyarakat, hingga keluarga. Selain layanan pengobatan klinis, ilmu-ilmu tentang  kemasyarakatan juga ikut dipelajari dengan tujuan menghemat biaya dokter spesialis.

3.     Scientist

Prospek kerja kedokteran berikutnya yaitu berprofesi sebagai scientis atau sebutan lainnya peneliti. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah melakukan sebuah penelitian dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta teknologi. Tujuannya adalah guna mencari sebuah solusi dari permasalahan. 

Seorang  peneliti bioteknologi misalkan,  maka akan melakukan penelitian terhadap struktur serta rekombinasi DNA. Hasil dari  penelitiannya tersebut dapat  dimanfaatkan guna mengembangkan produk baru berupa obat-obatan dan makanan karena itu pekerjanya wajib menguasai metode ilmiah.

4.     Birokrat

Birokrat merupakan orang yang bekerja untuk birokrasi serta digaji oleh negara ataupun korporasi. Sektor ini haruslah menjalankan sebuah visi dan misi suatu organisasi, baik bersifat publik maupun privat (swasta). Tugas lainnya adalah guna menerjemahkan kebijakan melalui program serta kegiatan.

Mengingat ada banyak kebijakan yang harus dibuat untuk keberlangsungan dunia kesehatan sehingga membuat perannya sangat dibutuhkan.  Jadi, karena dibutuhkan sosok yang paham akan dunia kedokteran, Anda pun memiliki kesempatan untuk dapat masuk dan menjadi bagian dari birokrat.

5.     Pendidikan Dokter Spesialis

Dokter spesialis merupakan seorang dokter yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi  setelah berhasil menyelesaikan program studi  Kedokteran (S. Ked.) serta telah meraih gelar dokter (dr.). Langkah ini diambil guna membangun karir yang lebih baik lagi.

Menjadi seorang dokter spesialis adalah salah satu impian bagi semua lulusan dari program studi kedokteran.  Kemudian mengambil langkah untuk mengkhususkan diri pada suatu bidang ilmu tertentu. Mulai dari spesialis kandungan hingga  penyakit dalam.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja kedokteran. Secara umum, menjadi seorang dokter sudah pasti salah satu pekerjaan yang sangat mulia dan dibutuhkan perannya. Namun, terlepas dari itu ada banyak ruang lingkup pekerjaan yang siap menampung para lulusan jurusan tersebut.

Posting Komentar untuk "Prospek Kerja Kedokteran Yang Sangat Menjanjikan"