Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Layangan Gapangan Dengan Mudah

Cara Membuat Layangan Gapangan dengan mudah - Oke temen-temen dalam artikel ini saya akan berbagi tips cara membuat layangan jenis gapangan atau bapangan. untuk kalian sangat beruntung sekali sudah berkunjung di blog ini, karena saya akan membahas tutorial langkah demi langkah cara membuatnya.

Cara Membuat Layangan Gapangan

Cara Membuat Layangan Bapangan atau Gapangan

Cara membuat layangan tradisional dengan mudah untuk pemula sebagai berikut :

Siapkan Alat Dan Bahan

Silahkan menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat layangan gapangan sebagai berikut ini :

  • Pisau.
  • Bambu secukupnya.
  • Tali plastik rafia atau yang lainnya juga bisa.
  • Lem.
  • Plastik besar dan untuk warna silahkan pilih sesuai selera.

Tahap Pembuatan

Setelah alat dan bahan sudah disiapkan tahap selanjutnya silahkan melakukan pembuatan layangan gapangan.

  1. Pertama ukur bambu dengan panjang 100 cm untuk pembuatan sayap.
  2. Kemudian belah bambu tersebut menjadi dua bagian guna membuat rangkai sayap atas dan sayap bawah. Pastikan bagian kulit luar bambu masih ada agar mudah dibentuk dan tidak gampang patah.
  3. Lalu raut lah bambu-bambu sampai mendapat lengkungan yang bagus dan lakukan secara benar supaya layangan nantinya bisa terbang mulus.
  4. Jika lengkungan pertama sudah jadi silahkan untuk membuat lengkungan kedua dan lakukan seperti cara membuat lengkungan yang pertama.
  5. Selanjutnya buat lah tiang layangan dengan panjang kurang lebih 60 cm kemudian raut dengan benar dan sampai halus.
  6. Apabila tiang layangan sudah dibuat, silakan pasangkan sayap lengkungan 1 dan 2 di tiang layangan, jarak untuk kepala yaitu 8 cm, jarak antara lengkungan sayap atas dan bawah yaitu 30 cm, kemudian jarak dari bagian sayap ke ekor yaitu sekitar 10 cm.
  7. Untuk ekornya buatlah bentuk sesuai selera dan kreativitas kalian masing-masing.
  8. Jika sudah silahkan kalian pasang atau gabungkan semua dengan tali. Untuk ujung lengkungan harus diiris sedikit berguna untuk menjepit agar lengkungan lebih kuat.
  9. Apabila semuanya sudah terpasang, ambil benang kemudian tarik ke tengah tiang dan hubungkan dengan lingkungan di sampingnya sampai lengkungan sama dan seimbang.
  10. jika sudah kemudian ambil bambu untuk membuat ekor, contoh disini pakai ekor bulan sabit, atau yang lainnya.
  11. Apabila kerangka layangan sudah jadi silahkan sampul atau di samak dengan Lem, gunakanlah lem sesuai sampul yang dipakai agar lem mampu merekat dengan sempurna.
  12. Jika proses menyampul kerangka layangan sudah selesai, silahkan membuat tali goci menggunakan tali rapiah yang di kelabang atau bisa juga pakai yang lainnya.
Selesai deh, dan layangan siap untuk meluncurkan diterbangkan.

Demikian tutorial mengenai cara membuat layangan bapangan dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua. Terimakasih sudah berkunjung dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Layangan Gapangan Dengan Mudah"