Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Sisa Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android, Pastikan Memori Bersih!

Salah satu kelemahan smartphone Android yang sering kali membuat para penggunanya jengkel adalah masih adanya sisa data aplikasi walaupun aplikasi sudah dilepas pemasangannya atau diunistall dari smartphone. Hal ini dapat membuat memori smartphone cepat penuh oleh data yang tidak berguna. Namun jangan khawatir karena memang ada cara membersihkan sisa aplikasi yang sudah di uninstall di Android.

cara membersihkan sisa aplikasi yang sudah di uninstall di android

Artikel ini adalah solusi bagi para pengguna Android yang bingung kenapa memori smartphone selalu penuh. Padahal tidak banyak aplikasi dan data yang disimpan di dalamnya. Berikut ini adalah tahapan yang perlu diikuti oleh para pengguna Android.

1. Buka Menu Aplikasi dalam Pengaturan

Untuk benar-benar menghapus data aplikasi yang tersisa dalam smartphone pertama pengguna bisa membuka menu Pengaturan. Kemudian di dalam menu tersebut mencari pilihan ‘Manager Aplikasi’ atau ‘Kelola Aplikasi’. Seperti namanya menu ini berisi tentang aplikasi yang ada di smartphone. Klik pilihan tersebut untuk mengetahui aplikasi apa saja yang datanya tersimpan dan terpasang pada smartphone pengguna.

2. Cari Aplikasi yang Ingin Dihapus atau Dibersihkan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa akan muncul daftar aplikasi. Baik daftar aplikasi yang dipasang maupun data sisa dari aplikasi yang pernah terpasang. Cari aplikasi yang memang ingin dihapus atau dibersihkan memorinya dalam daftar tersebut. Setelah aplikasi yang ingin dihapus sudah ketemu baik yang berupa aplikasi yang masih terpasang atau data sisanya saja. Kemudian pengguna tinggal  klik untuk masuk ke pengaturan dari menu tersebut.

Baca JugaCara Agar WA Terlihat Offline

3. Pilih Menu App Info Kemudian Storage

Setelah di klik, pengguna akan dibawa pada menu pengaturan aplikasi. Pada tampilan tersebut akan ada pilihan ‘App Info’. Pengguna bisa memilih menu itu untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Pada menu ‘App Info’, akan ada berbagai pilihan menu lagi.

Biasanya menu-menu ini berkaitan dengan kebutuhan dasar aplikasi di smartphone. Seperti ruang memori dan banyaknya data internet yang dikonsumsi. Untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya pengguna bisa memilih menu ‘Storage’ dalam ‘App Info'. Sesuai dengan namanya, storage berisi info mengenai seberapa banyak penggunaan memorinya.

4. Hapus Data dan Cache yang Ada

Cara membersihkan sisa aplikasi yang sudah di uninstall di android selanjutnya adalah menghapus cache atau data yang tersisa dalam menu storage. Jika memang ada data yang perlu dihapus maka di storage akan muncul. Umumnya data yang tertinggal adalah data cache dan jenis data berkapasitas rendah lainnya. Langsung saja pilih ‘Clear Cache’ atau ‘Clear Data’.

Biasanya proses ini membutuhkan sedikit waktu sehingga pengguna perlu menunggu selama beberapa saat. Hal ini juga tergantung seberapa banyak data dan cache yang dibersihkan dan bagaimana kecepatan smartphone selama ini digunakan.

5. Menghapus Aplikasi

Jika aplikasi yang dipilih adalah aplikasi yang masih terpasang dan bukan hanya berupa sisa data saja. Maka pengguna masih perlu menghapus lagi aplikasi itu untuk kedua kalinya. Pengguna wajib  kembali ke tampilan depan smartphone kemudian langsung menghapus aplikasi tersebut dari smartphone. Karena data dan cachenya sudah dihapus terlebih dahulu maka tidak akan ada data yang tersisa di smartphone.

Itulah cara membersihkan sisa aplikasi yang sudah di uninstall di android. Pengguna sekarang bisa membersihkan memori smartphonenya sendiri dari data-data dan cache yang tidak penting. Membersihkan data dan cache ini jika bisa dilakukan secara rutin. Hal ini agar pengguna smartphone memiliki memori yang cukup setiap menggunakannya.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Sisa Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android, Pastikan Memori Bersih!"