Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Ikan Salmon di Indonesia Sangat Menjanjikan

Pernahkah kalian berfikir bagaimana cara budidaya ikan salmon? Jika pernah, kebetulan di artikel ini saya akan memberikan tips dan langkah-langkahnya untuk kalian. Mumpung di Indonesia belum banyak saingannya nih.

Cara Budidaya Ikan Salmon

Ya benar, budidaya ternak ikan salmon di Indonesia masih sangat jarang. Pada tahun 2018, Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti telah melakukan studi ke Norwegia untuk mengetahui cara ternak ikan salmon.


Diharapkan, usaha ikan salmon dapat juga diterapkan di negeri kita tercinta yaitu Indonesia, supaya tidak bergantung lagi impor dari negara lain. Karena peluang usaha ikan salmon sangat menjanjikan.


Peluang Budidaya Ikan Salmon


Ikan salmon sudah sangat populer di dunia kuliner baik di Barat maupun Asia termasuk Indonesia. Daging ikan yang bertekstur lembut dengan rasa manis dan gurih begitu banyak disukai konsumen.


Ikan salmon biasanya disajikan secara mentah, seperti Sashimi dan Sushi makanan khas Jepang maupun dimasak matang tergantung selera konsumen.


Kandungan nutrisi dalam ikan salmon antara lain, asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk jantung dan perkembangan otak, dan vitamin D untuk kesehatan tulang.


Usaha ternak ikan salmon pun sangat menghasilkan. Apabila kalian mempunyai keuletan dalam menjalani, maka keuntungan dapat diraih. Berikut 3 alasan usaha budidaya ternak ikan salmon yang sangat menjanjikan:


Harga jual yang mahal. Ikan salmon dijual mulai dari Rp27000 hingga Rp32000 per 100 gram-nya. Sedangkan per kilonya, dijual seharga Rp 280000 sampai Rp 320000 di pasaran.

Potensi ekspor. Hingga saat ini kebutuhan ikan salmon masih bergantung impor dari berbagai negara, terutama Norwegia. Jika Indonesia mampu berhasil budidaya ternak ikan salmon, akan berpotensi ekspor ke negara lain yang membutuhkan.

Belum banyak saingan. Kemungkinan harga jual ikan salmon yang tinggi sangat besar. Apabila usaha ini berhasil, kamu bisa menjadi pioneer berpeluang mengembangkan usaha dan kerjasama dengan perusahaan kuliner di berbagai negara.




Cara Beternak Ikan Salmon


1. Memilih Indukan


Cara beternak ikan salmon langkah yang pertama yaitu memilih indukan. Saat ini masih jarang penjual bibit ikan salmon, tapi tenang, kamu bisa kok mengawinkannya sendiri induk ikan salmon. Indukan salmon betina dan jantan harus berkualitas baik, bebas dari penyakit dan tidak cacat.


2. Peminjahan dan Penetasan Telur


Keluarkan telur dari perut induk betina dengan menyayat bagian perut bawah dengan hati-hati. Kemudian campurkan dengan cairan sperma dari induk jantan dan biarkan beberapa saat.

Cara Budidaya Ikan Salmon

 Lalu pindahkan telur ke tempat yang dialiri oleh air. Apabila pembuahan berhasil, proses penetasan telur akan berlangsung setelah 24 jam setelahnya. Dari ribuan telur, kemungkinan hanya 30% sampai 50% yang akan berhasil menetas. Pindahkan benih ikan salmon ke kolam yang berisi air tawar.

Cara Budidaya Ikan Salmon

3. Pemeliharaan Bibit


Beri makan ikan salmon berupa pelet dua sampai tiga kali sehari. Taburkan pelet sedikit demi sedikit supaya ikan salmon tidak terlalu kenyang dan kolam tidak cepat kotor. Sedangkan pakan alami bibit ikan salmon berupa jentik nyamuk, cacing sutera, dan kutu air.


Untuk kualitas air, jagalah suhu air agar selalu jernih, dan dingin. Serta kadar oksigen yang cukup. Ketika budidaya ternak ikan salmon, pasti ada beberapa ikan yang mati dalam proses ini. Tapi kamu tak perlu khawatir, jika kalian rutin mengecek dan membuang ikan mati supaya tidak menjadi penyakit untuk ikan yang lainnya. Pemeliharaan bibit ikan salmon biasanya memakan waktu kurang lebih 6 sampai 18 bulan.


4. Pemindahan Ikan Salmon ke Air Asin


Setelah ikan berukuran 10 sampai 12cm dan beratnya sekitar 100gr, saatnya ikan salmon dipindahkan ke kolam air asin. Ikan salmon adalah ikan yang memiliki fisiologis unik. Ketika sebelum dewasa, ikan salmon berpindah dari air tawar ke air asin (air laut).

Maka kamu harus mempunyai dua kolam, kolam alami bisa kalian buat di lautan dangkal dengan menggunakan jaring.


5. Proses Panen


Nah ini yang ditunggu-tunggu untuk cuan, jika sudah 1 tahun lamanya setelah dipindahkan ke kolam air asin, ikan salmon baru bisa di panen. Cara memanen bisa dilakukan dengan cara menjaring ikan, dan menyortir ikan salmon berkualitas guna untuk indukan dimasa budidaya selanjutnya.


Itulah informasi mengenai cara budidaya ikan salmon, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Salmon di Indonesia Sangat Menjanjikan"